728x90 AdSpace


Latest News
Senin, 26 September 2016

Pantesan Jepang Bersih Banget Kayak Nggak ada Sampah


Nontoncinta.com - Jepang udah terkenal banget sob, jadi salah satu negara terbersih di dunia! Jarang ada grafiti, bahkan nih nggak ada loh tanda dilarang buang sampah kayak yang marak di Indonesia. Tapi orang Jepang beneran nggak buang sampah sembarangan loh. Beda sama di Indonesia ya, sekalipun ada peringatan kayak buang sampah pada tempatnya, nyatanya masih banyak yang buang sampah sembarangan. Wah, kenapa Jepang bisa bersih gitu ya? Jangan-jangan ada kebersihan udah jadi budaya mereka? Bisa jadi sih. Tapi ini dia 8 alasan sebenarnya kenapa Jepang jadi negara yang bersih.
1
Nggak ada tempat sampah umum? No problem!

via: sociorocketnewsen.files.wordpress.com

Yang bakal kamu liat kalo kamu ke Jepang sob, jarang tuh ada tempat sampah umum, paling ada beberapa aja. Tapi hebatnya nih sob, orang Jepang ngerasa nggak perlu ada tempat sampah umum coz mereka udah bisa beresin sampah mereka sendiri.

Dari kecil orang Jepang udah pada dibiasain nih buat tanggung jawab sama sampahnya. Kayak misal nih mereka ke pantai buat party BBQ, pulang dari pantai udah jadi pemandangan biasa kalo mereka pada bawa kantong plastik gede yang isinya sampah mereka! Wah tanggung jawab banget ya. Beda sama disini, kalo ada acara rame-rame pasti pulang-pulang sampahnya udah parah bertebaran dimana-mana.

2
Banyak disediain kantong sampah gratis

via: rebelwithoutatan.files.wordpress.com

Jadi kalo di Jepang itu banyak loh disediain kantong sampah gratis di bis-bis. Tujuannya ya biar memudahkan orang Jepang yang naik angkutan umum buat buang sampah. Di Indonesia yang ini juga udah mulai diterapkan loh, ada kantong-kantong plastik buat sampah di kereta api. Tapi sayangnya kok masih banyak ya yang buang sembarangan di lantai kereta?

3
Aturan rumah dan kantor harus jaga kebersihan

via: sociorocketnewsen.files.wordpress.com

Ngapain butuh tukang bersih jalan kalo kamu bisa bersihin jalanan rumah atau kantormu sendiri? Udah jadi kebiasaan orang Jepang tiap pagi mereka pasti bakal nyapu jalanan rumah atau kantor mereka. Biarpun udah rapi pake kemeja siap ke kantor, sempetin dulu nyapu-nyapu.



4
Budaya misahin sampah berdasarkan jenisnya

via: sociorocketnewsen.files.wordpress.com

Ini salah satu yang bikin aku salut sama orang Jepang. Mereka sekalipun mau buang sampah di tukang sampah, dipisahin dulu sob sampahnya berdasarkan jenisnya. Misal nih, sampah majalah bakal dikumpulin sesama majalah, sampah botol, dll. Dan hebatnya lagi, buang sampah juga ada jadwalnya loh! Jadi misal nih, kamu mau buang sampah botol, tapi hari itu jadwalnya buang sampah baju, ya nggak bakal diterima sampahmu. Kamu harus nunggu sampai jadwalnya buang sampah botol.

5
Ada organisasi relawan buang sampah

via: 3.bp.blogspot.com

Jepang juga punya organisasi non profit namanya Greenbird yang tugasnya bersih-bersih. Anggotanya para relawan yang dengan senang hati bersihin kota mereka. Keren ya nggak perlu dibayar.

Tugas Greenbird nggak cuma bersih-bersih tapi juga ngajak warga secara teratur nih jaga kebersihan kota, kayak stasiun kereta misalnya. Greenbird nggak sekedar bersihin sampah gede kayak plastik atau botol, bahkan sampai potongan kertas kecil atau bungkus permen juga bakal mereka pungut loh. Pantes jadinya bersih banget ya.Greenbird sendiri udah buka cabang di Singapura bahkan sampai Paris!

6
Angkutan umum super bersih

via: 1.bp.blogspot.com
Ada yang bilang males naik angkutan umum di Indonesia, udah kotor, bau pula. Tapi kalo di Jepang nggak ada namanya angkutan umum kotor sob. Semua angkutan umum di Jepang kinclong!

7
Jalanan pun pada bersih banget!

via: sociorocketnewsen.files.wordpress.com

Kamu pasti sering kan ngeliat truck sampah yang kotor dan bau lewat di jalan raya? Atau truck bahan bangunan berdebu? Di Jepang nggak ada kayak gitu sob. Serius deh. Sekalipun truck buat angkut sampah keliatan bersih loh. Soalnya tiap malem sopir-sopirnya diwajibin buat nyuci trucknya.

Di Jepang sopir angkutan umum kayak taksi sama bis juga wajib pake sarung tangan putih loh waktu nyetir, artinya tuh kalo mereka ngelayani penumpang dengan bersih. Kan kalo kotor bakal keliatan di sarung tangannya.

8
Tiap minggu bakal ada kerja bakti buat bersih-bersih

via: thedailyjapan.com

Di Jepang tiap minggu bakal ada kerja bakti buat bersih-bersih kota loh. Sebenernya di Indonesia juga ada. Tapi yah coba kita tengok RT-RW kita pada tertib ngelakuin kerja bakti tiap minggu nggak? Atau Pak RT nya malah milih molor aja, masa minggu disuruh kerja lagi?
Nah, gimana sob makin kagum ya sama Jepang? Bener-bener bersih coz emang udah jadi budaya. Orang Jepang tuh malu loh kalo buang sampah sembarangan. Menurut aku nih, budaya bersih ini patut kita tiru. Saking bersihnya Jepang, kalopun kena banjir airnya bakal bening kayak air kolam renang dan nggak ada sampahnya, kalo di Indonesia... hahaha alamat kena penyakit kulit kalo nekat renang di air banjir.




Zonabioskop.com hadir dengan Nonton Bioskop Online SUBTITLE Indonesia dan juga Download Secara Gratis yukkk Langsung saja klik 2x




BERITA CINTA | FILM CINTA | ZODIAK CINTA | CERITA CINTA | DUNIA CINTA |CINTA ROMANTIS | FILM ROMANTIS di www.nontoncinta.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pantesan Jepang Bersih Banget Kayak Nggak ada Sampah Rating: 5 Reviewed By: Nonton cinta