Pasar Aksara Akan Dirobohkan untuk Pembangunan Jembatan Layang


 Nontoncinta.com - Keinginan ratusan pedagang Pasar Aksara yang ingin tetap bertahan di lokasi agaknya akan sirna. Pascakebakaran hebat melanda bangunan Pasar Aksara, ratusan pedagang berharap pemko kembali membangun pasar tersebut, bahkan siap menyumbangkan uang.
Kemauan para pedagang pupus setelah Pemko Medan berencana membangun jembatan layang (flyover) yang membentang di Jalan HM Yamin hingga Letda Sujono, yang otomatis akan membuat eks Pasar Aksara dirobohkan. Kepastian ini ditegaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Zulkarnain, yang mengungkapkan pemko telah mengajukan usulan pembangunan flyover dimaksud ke pusat dan masuk dalam perencanaan pembangunan Kota Medan.
Menurut dia, pembangunan dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, di mana pengerjaan dimulai usai dilaksanakannya proyek sama di Kampung Lalang pada 2017.
"Ini, kan masih rencana. Kami sudah mengajukannya ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional. Jadi pengerjaan dan dananya dari pusat, kami hanya bekerja untuk pembebasan lahan," katanya saat diwawancarai di Balai Kota Medan, Rabu (19/10).
Pembangunan tersebut, kata Zulkarnain, tak lain melancarkan arus kendaraan menuju Gerbang Tol Bandar Selamat. "Ya, nanti dirobohkan semuanya (eks gedung Pasar Aksara)," katanya singkat.
Dijelaskannya, fisik jembatan layang yang cukup luas, mengakibatkan tanah di sekitar lokasi akan diganti rugi. Untuk itu ia mengaku Pasar Aksara kemungkinan tak akan dibangun kembali.
"Kita lihatlah macam jembatan layang di Brayan. Di bawahnya pasar dan pedagang masih tetap macet, kan. Jadi gak mungkinlah seperti itu (tetap ada pasar tradisional)," katanya.

Disinggung detail master plan, Zulkarnain enggan membeberkannya. Alasannya, pihaknya khawatir banyak masyarakat yang akan menuntut. Sementara terkait eks pedagang Aksara sendiri, sesuai keputusan yang diambil Pemko Medan, ratusan pedagang akan dipindah ke eks lahan Rumah Sakit Umum Martondi, Jalan Letda Sudjono.
Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Pengujian Balai Besar Jalan Nasional II, Jhon Damanik mengaku tengah memeriksa kelengkapan dokumen pengajuan dari Pemko Medan.
Sebab, pihaknya sendiri tengah fokus melakukan pengerjaan rencana proyek flyover di Kampung Lalang.
Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Perusahaan Daerah Pasar Kota Medan, Qamarul Fattah mengatakan, relokasi pedagang sudah diberikan di dua tempat, yakni di Kompleks Medan Metropolitan Trade Centre (MMTC) Jalan Pancing atau di eks lahan RS Martondi.
"Iya, itu (Martondi) alternatif kedua akibat penolakan ke MMTC," katanya beberapa waktu lalu.

Zonabioskop.com hadir dengan Nonton Bioskop Online SUBTITLE Indonesia dan juga Download Secara Gratis yukkk Langsung saja klik 2xa

BERITA TERBARU DAN TERKINI  BERITA CINTA |  FILM CINTA |  ZODIAK CINTA | CERITA CINTA | DUNIA CINTA | CINTA ROMANTIS | FILM ROMANTIS  di www.nontoncinta.com
Labels: Berita Terkini, Slider

Thanks for reading Pasar Aksara Akan Dirobohkan untuk Pembangunan Jembatan Layang. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top