728x90 AdSpace


Latest News
Minggu, 22 Januari 2017

Mengenang Legenda: Gabriel Batistuta, Penyerang Terbaik Argentina


Berita Sepak Bola - Anda boleh mengenang Gabriel Batistuta sebagai pemenang bersama Roma atau legenda yang berkhianat kepada Fiorentina. Saya lebih suka melihatnya sebagai pemain terbaik yang tidak pernah membela Athletic Bilbao dan seorang pemain yang lebih baik dari Lionel Messi.
Menyoal Batistuta dan Bilbao sebenarnya hanya perkara keberpihakan saja. Saya menyukai kebijakan Bilbao yang mempertahankan identitas mereka dengan hanya memainkan pemain-pemain Basque. Dalam riset untuk tulisan ini saya mendapat informasi bahwa Batistuta memiliki garis keturunan Basque. Mengingat sepanjang kariernya ia bermai untuk tujuh klub dan tidak satu pun di antaranya adalah Athletic Bilbao (Newell’s Old Boys, River Plate, Boca Juniors, Fiorentina, AS Roma, Inter Milan, dan Al-Arabi), bisa jadi Batistuta adalah pemain terbaik yang tidak pernah membela Athletic Bilbao.

“Bisa jadi” karena ada Basque lain yang kualitasnya terhitung kelas dunia dan tidak membela Bilbao. Xabi Alonso juga seorang Basque dan ia, hingga saat ini, belum penah bermain untuk Bilbao. Dalam kasus Alonso hal ini lebih bisa dipahami karena ia memulai kariernya untuk Real Sociedad, rival Bilbao dalam Euskal Derbia – derby Basque.)


Bahasan Batistuta-Bilbao selesai di situ. Mari membahas posisi Batistuta yang berada di atas Messi. Saya sepenuhnya sadar ketika menyebut Batistuta sebagai “seorang pemain yang lebih baik dari Lionel Messi”. Saya sepenuhnya sadar bahwa itu pernyataan pengundang debat, seperti pernyataan-pernyataan lain yang mengandung frasa “lebih baik dari” dan nama “Messi” dalam satu kalimat.
Messi sudah melampaui jumlah gol Batistuta unntuk tim nasional Argentina tahun ini, tepatnya pada gelaran Copa América Centenario. Kembalinya Messi ke tim nasional Argentina setelah memutuskan untuk pensiun karena berkali-kali kalah di final kejuaraan besar membuat Messi akan semakin jauh meninggalkan Batistuta di tempat kedua. Namun saya membicarakan hal spesifik dalam perbandingan antara Batistuta dan Messi di sini.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenang Legenda: Gabriel Batistuta, Penyerang Terbaik Argentina Rating: 5 Reviewed By: Nonton cinta