Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan


BERITA TERKINI - Dalam sesi dialog dengan jamaah Majelis Maiyah Padhangmbulan, di Jombang Minggu (12/1) dini hari tadi, Cak Nun menegaskan, bahwa banyak cara berpikir yang salah kaprah diantara pejabat dan tokoh yang ada di negeri ini.

“Kalau ada orang Islam mau menggunakan haknya menjalankan syariat, langsung dicap sebagai pihak yang akan menghidupkan posisi Negara agama. Bagaiman ini ? Logikanya salah kaprah. Tidak paham apa itu agama. Bangsa ini sudah jelas menggunakan Sila Ketuhan yang Maha Esa, lha kalau tidak pakai pedoman agama, lantas pakai pedoman apa ? Apa gunanya Sila Ketuhan Yang Maha Esa “? Tanya Cak Nun.

“Logika sudah tidak karu-karuan. Apapun kalau tidak menguntungkan kelompoknya, akan dianggap salah. Dan melanggar. Ukurannya tidak jelas,” tambahnya.

Maka Cak Nun mengajak asah logika jamaah. “Saya coba secara sederhana saja. Kalau ada orang bilang, misalnya, pihak A  mengatakan harga ini Rp 70 ribu. Ini murah sekali. Sementara pihak B mengatakan harga ini Rp 50 ribu, ini yang murah. Coba perhatikan, sama-sama menggunakan kata MURAH, tetapi sudut pandangnya berbeda, “

Maka dalam konteks lain logika itu dipakai, Bahas NKRI atau Kebhinekaan, juga sama. Kelompok A mengatakan cinta NKRI, dan menyebut kelompok lain anti NKRI.

“Mereka mengaku paham kebhinekaan tetapu mereka menolak adanya kebhinekaan.  Parah kan.  Mengaku menjunjung tinggi kebhinekaan tetapi mereka menolak Islam,  lha Islam itu kan bagian besar dari bangsa ini sehingga disebut bhineka.”

Maka Cak Nun menilai, hari hari ini Islam itu selalu dibuat salah. Anehnya lagi, malahan banyak yang membuat Islam itu salah juga ada orang Islam itu sendiri, baik tokoh maupun pejabat. Karena mereka nyaman dengan kelompoknya, bekerja dan hidup dalam kelompoknya, tanpa sadar mereka merendahkan Islam.”  (Imam/DK)


Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak

Labels: Berita Terkini, Slider

Thanks for reading Cak Nun: Kalau Indonesia Bukan Negara Agama, Apa Gunanya Sila Ketuhanan. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top