Cewek-cewek Harus Baca yang Satu Ini!! Warna Darah Haid-mu Bisa Nunjukkin Kesehatan Tubuhmu Loh!


Kesehatan - Kalo buat para ladies, dateng bulan itu pasti merupakan mimpi buruk, kan? Bukan cuman repot harus gonta-ganti pembalut setiap beberapa jam, tapi kram perut yang dirasakan itu beneran menyakitkan banget. Belum lagi mood yang naik dan turun, beneran bikin semuanya gak enak banget deh. Namun di atas semuanya itu, percaya gak percaya kalau sebenernya warna darah pada saat kamu haid itu bisa menunjukkan bagaimana kondisi tubuhmu sekarang loh! Walaupun mungkin kamu jarang memeriksa warna darah yang ada pada pembalutmu, ada baiknya kamu memeriksanya dulu sebelum kamu membuangnya karena bisa jadi dari sana kamu bisa mendeteksi penyakit yang berbahaya yang ada dalam tubuhmu. Kan ada yang bilang, lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi ada baiknya jika kita bisa memeriksanya setiap bulan, ladies! Terus gimana cara kita membedakan setiap warna darah kita ini ya? Yuk disimak yang berikut ini!!

Merah muda


Jika pada saat haid, warna darahmu ini berwarna merah muda, ini artinya dalam ilmu kedokteran, kamu sedang mengalami anemia atau kekurangan darah. Namun jika kamu dalam masa subur dan sudah menikah, bisa jadi ini adalah tanda kehamilan muda loh! Sel telur yang sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim ini bisa mengakibatkan sedikit pendarahan pada wanita, jadi jangan khawatir ya, ladies!

Merah Terang


Jika warna darah haid-mu berwarna merah terang seperti warna merah cranberi, maka artinya kamu dalam keadaan yang sehat. Dinding rahimmu melebur dalam kecepatan yang normal dan setelah haid-mu habis, tidak ada darah yang tersisa di dalam rahimmu. Yang perlu kamu perhatikan adalah jika kamu dapet selama 8 hari atau bahkan lebih dengan warna darah seperti ini. Kamu harus segera memeriksakan dirimu ke dokter ya!

Merah Tua

Pada hari kedua dan ketiga, kamu pasti bakalan merasa bahwa darah yang keluar itu udah seperti pipa bocor yang gak berhenti-henti. Bahkan terkadang mungkin ada gumpalan merah tua yang keluar dalam waktu 2-3 hari ini. Tapi tenang ladies, jangan panik dulu, semuanya ini sebenernya normal kok karena rahimmu sedang bekerja untuk mengeluarkan gumpalan tersebut. Tapi jika hal ini terus berlanjut hingga hari ke-4 dan seterusnya, bisa jadi rahimmu tumbuh sebuah tumor dan kamu harus memeriksakannya segera ke dokter. Tapi jika kamu juga melihat ada gumpalan darah berwarna abu-abu, bisa jadi kamu sedang mengalami keguguran.

Merah Jingga

Jika darah haid-mu berwarna merah jingga, kamu harus memperhatikannya dengan seksama! Bisa jadi ini adalah darah dari leher rahim yang bercampur dengan darah dari tubuhmu (hal ini tidak membahayakan tubuhmu sama sekali). Tapi bisa juga ini adalah tanda awal dari infeksi vagina yang akhirnya merubah warna darah pada haid-mu. Hal lain yang bisa kamu tandai juga adalah adanya bau tak sedap. Jika kamu melihat beberapa tanda ini, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter ya!

Coklat Tua


Kalau ada warna coklat tua seperti ini, kamu harus lebih berhati-hati ya, ladies! Bisa jadi darah yang ada dalam rahimmu itu beku karena peredaran darah yang berjalan ke arah rahimmu terlalu panjang. Tapi jangan khawatir, kamu hanya perlu pergi ke dokter dan meminta resep untuk memperlancar peredaran darahnya saja. Tapi jika warna darahnya berwarna kuning, bisa jadi ada infeksi pada bagian rahim dan tentu saja kamu harus segera mencari dokter.
Selain warna haid, ada 3 hal yang perlu juga kamu perhatikan loh sebagai berikut;

1. Jumlah darah yang banyak banget

Kalau darah haid-mu keluar cukup banyak, kamu gak perlu khawatir ya ladies, semuanya itu normal kok karena rahimmu sedang bekerja keras untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi. Tapi jika kamu menggunakan lebih dari 5 pembalut dalam sehari, maka kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter.

2. Darah haid sedikit


Di saat kamu harusnya mengeluarkan darah cukup banyak pada hari pertama dan kedua, tapi darah yang kamu keluarkan malah sedikit dan berwarna coklat muda, mungkin ini disebabkan oleh hormonmu sedang tidak lancar. Hal ini juga mungkin terjadi pada bulan-bulan awal kehamilan, selain daripada itu, tidak ada hal yang terlalu perlu diperhatikan

3. Tidak dapet sama sekali



Jika kamu tidak dapet sama sekali, kamu harus segera mencari dokter ya ladies! Jangan tunggu hingga semuanya terlambat loh! Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan kamu tidak dateng bulan, salah satu alasannya adalah kamu sedang hamil. Tapi ada juga kemungkinan lain seperti perubahan berat badan yang terlalu cepat ataupun kamu terjangkit suatu penyakit. Namun, jika kamu sedang stress, dateng bulanmu juga bisa terhambat.
Gimana ladies? Setelah lihat artikel ini, kamu harusnya jadi lebih mengerti dengan kesehatan tubuhmu sendiri, kan? Yuk share artikel ini buat teman-temanmu!


Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak

Labels: Kesehatan, Slider

Thanks for reading Cewek-cewek Harus Baca yang Satu Ini!! Warna Darah Haid-mu Bisa Nunjukkin Kesehatan Tubuhmu Loh!. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top