Ibu Hamil Ga Boleh Makan Belewa, Lhe Kenapa? Intip Juga 5 Makanan Lain Yang Ternyata Bahaya Buat Bumil


Kesehatan - Kalau Cerpen nyebutin nama Emma Derbyshire, mungkin teman-teman pada geleng-geleng kepala sambil bergumam,"gue kagak kenal". Ya memang sih Emma ini bukan aktris terkenal. Wanita ini hanyalah seorang dokter biasa di luar negeri. Sori, Cerpen gak tahu juga dimana beliau menetap saat ini.

Yang menarik dari sosok Emma ini adalah, dia berani bilang kalau belewa itu pantang buat ibu hamil. Dan selain belewa, ternyata masih ada 5 makanan lagi yang dia sebut tidak boleh dimakan ibu hamil. Apa saja itu? Sini mendekat, biar Cerpen bisikin.

1.       Jus sayur dan buah yang  tidak dipasteurisasi

Dipasteurisasi itu emangnya diapain toh jusnya? Bahasa gampangnya adalah dimatikan kuman-kumannya, friends. Nah kalau jus itu dibuat dari buah atau sayur segar, lalu dicampur gula, susu sedikit, sama air mineral, itupun ternyata termasuk jus yang belum dipasteurisasi. Menurut Emma, minuman ini mungkin mengandung bakteri yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh ibu dan janinnya.

2.       Belewa

Kalau orang bule nyebutnya Cantaloupe, kita manggilnya belewa atau melon jingga. Menurut Emma, belewa itu memang kaya air, karbohidrat, protein, dan lemak yang sebenarnya bagus untuk bumil.

Hanya sayangnya, kulit belewa yang teksturnya tidak rata itu bisa jadi sarangny a bakteri Listeria. Jadi kalau ibu hamil makan belewa tanpa mencuci bersih kulitnya terlebih dulu, itu sama saja dengan memperbesar resikonya untuk mengalami keguguran. Wedew, serem banget..

3.       Salami atau pepperoni

Kalau teman-teman menghadapi ibu hamil yang lagi ngidam pizza dengan topping salami atau pepperoni, sebaiknya alihkan perhatian mereka ke hal lain yang lebih memikat seperti shopping misalnya.

Soalnya walau jenis daging tanpa lemak ini tinggi protein, zat besi, dan vitamin B12, namun karena kebanyakan salami atau pepperoni sudah diberi pengawet, maka makanan ini otomatis no..no.. buat bumil. Zat pengawet dalam pepperoni yang disebut nitrat ini ternyata bahaya banget buat tumbuh kembang si kecil. Selain itu, makanan kayak gini biasanya juga tinggi garam dan itu tidak baik untuk bumil.

4.       Tiramisu

Tiramisu memang menggoda ya teman-teman, tapi kalau itu dibuat dari telur mentah yang sarat bakteri Salmonella, maka agaknya makanan ini juga harus diliburkan kalau teman-teman lagi hamil.

5.       Tuna

"Hei, bukankah ikan baik untuk bumil? Kenapa tuna juga nggak boleh?" Well, sebenarnya nurut Emma, tuna boleh sih dimakan saat hamil, tapi jangan banyak-banyak. Bumil nggak boleh makan tuna lebih dari 4 kaleng (ukuran 140 gr) tiap minggunya. Alasannya, karena tuna mengandung merkuri yang bahaya banget buat perkembangan saraf si kecil. Tapi, kalau memang kebelet pengen banget makan tuna, pilih yang segar aja karena lebih kaya asam omega-3.

6.       Liquorice

Kalau bumil sekalian nggak kenal sama bahan makanan satu ini, puji syukur deh. Usut punya usut, liquorice, mengandung suatu zat aktif yang namanya agak susah disebutkan yaitu glycyrrhiza. Berbagai studi mendapati, zat ini bisa meningkatkan resiko bayi lahir cacat. Para ahli masih belum tahu kenapa kok bisa gitu, apalagi Cerpen, so please don』t ask me. Jadi kalau nemuin makanan yang memuat bahan ini, entah permen atau teh lebih baik simpan dulu hingga adek bayi lahir nanti. Okey mum?!

Sumber : Dailymail



Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
Labels: Kesehatan, Slider

Thanks for reading Ibu Hamil Ga Boleh Makan Belewa, Lhe Kenapa? Intip Juga 5 Makanan Lain Yang Ternyata Bahaya Buat Bumil. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top