728x90 AdSpace


Latest News
Senin, 05 Juni 2017

Ahli UI: Hanya 7 Juta e-KTP yang Diaktivasi dan Verifikasi


BERITA GOOGLE - Ahli sistem komputer dan teknologi informasi dari Universitas Indonesia (UI) Bob Hardian mengungkap tak semua e-KTP yang telah dicetak dilakukan verifikasi. Hanya 7 juta keping yang diverifikasi dan diaktivasi. 

"Setelah e-KTP itu dibagikan ke penduduk, harusnya diaktivasi dan diverifikasi. Untuk mengecek apakah data yang tersimpan dalam chip e-KTP tersebut sesuai dengan yang dicaptured pertama kali," kata Bob dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2017). 

Sebelumnya jaksa bertanya kepada Bob soal proses pengadaan e-KTP. Bob diminta untuk menjelaskan kejanggalan yang terjadi yang menyangkut sistem informasi. 
"Proses ini, berdasarkan temuan di lapangan, hanya sekitar 7 juta e-KTP. Selebihnya tidak ada aktivasi dan verifikasi," ujarnya. 

Jaksa lantas bertanya apa dampak ketika e-KTP tidak dilakukan aktivasi dan verifikasi. Menurut Bob, bisa saja e-KTP tersebut tak diberikan kepada orang yang benar karena data yang salah. 

"Pertama data yang ada di dalam itu tidak bisa kita identifikasi apakah sudah sesuai. Bisa jadi data yang masuk beda dengan data yang tercetak. Atau diberikan ke orang yang salah," tutur Bob. 
Bob sempat menyinggung metode one to one dalam memverifikasi e-KTP. Menurutnya, metode tersebut untuk mencocokkan sidik jari penerima e-KTP dengan yang ada dalam database kependudukan. 

"Verifikasi one to one mencocokkan sidik jari yang bersangkutan dengan sidik jari yang tersimpan dalam database kependudukan," jelasnya.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ahli UI: Hanya 7 Juta e-KTP yang Diaktivasi dan Verifikasi Rating: 5 Reviewed By: BG