728x90 AdSpace


Latest News
Selasa, 20 Juni 2017

Dua Anak SMP Menikah di Usia 15, Bolehkah? Ini Kata KUA


BERITA GOOGLE - Dua siswa SMP asal Baturaja, Sumatera Selatan, tengah menjadi sorotan lantaran menikah di usia 15 tahun. Lantas, sebenarnya bolehkah menikah di usia 15 tahun? 

Adalah Amanda Safitri dan Muhammad Fitrah Rizky alias Gaston, pasangan kontroversial tersebut. Dalam sebuah unggahan di Facebook-nya, Amanda memamerkan foto keduanya dalam balutan busana pengantin sedang memegang buku nikah.


"Tepat tanggal 17 mei 2017 pukul 19:00 sang saksi dan penghulu mengesah kan kami berdua," tulis Amanda yang diketahui lahir 8 Desember 2002 silam.

Jika berpijak pada UU Perkawinan UU Pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974, Amanda dan Gaston sebenarnya belum cukup umur untuk menikah. Disebutkan dalam aturan tersebut bahwa mereka yang boleh menikah adalah pria berusia minimal 19 tahun dan wanita berusia 16 tahun.

Lantas bagaimana bisa pasangan muda ini akhirnya dapat menikah secara sah?

Menurut Sutrisno dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kelurahan Kebayoran Lama, menikah di bawah batas usia menurut UU boleh saja dilakukan. "Selama mereka sudah melalui proses perijinan dari pengadilan agama setempat," kata Sutrisno kepada Wolipop, Selasa (20/6/2017).

Jika pengadilan agama sudah memberi lampu hijau, pasangan di bawah umur dapat melangsungkan pernikahan secara sah layaknya pasangan pada umumnya.


Sutrisno mengatakan, kasus seperti ini tampaknya lumrah terjadi di daerah-daerah kecil. "Selama kerja di KUA kota besar, saya belum pernah melihat ada yang menikah di bawah usia. Sepertinya, ada hubungan juga dengan faktor pendidikan," ungkap Sutrisno.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dua Anak SMP Menikah di Usia 15, Bolehkah? Ini Kata KUA Rating: 5 Reviewed By: BG