728x90 AdSpace


Latest News
Minggu, 11 Juni 2017

Ini Tindakan yang Diambil Pilot Bila Terkena Bird Strike


BERITA GOOGLE - Bird strike yang dialami oleh pesawat Lion Air LNI823 di Surabaya beberapa kali terjadi pada penerbangan bukan hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri. Beberapa tindakan dapat diambil oleh pilot bila merasa atau mengetahui pesawat mengalami bird strike.

Dilansir www.boeing.com, tindakan pertama yang bisa diambil oleh pilot bila terjadi bird strike adalah terbangkan pesawat dan pertahankan kontrol jalur pesawat. Lalu, pilot juga memantau penerbangan dan instrumen mesin. Bila terjadi beberapa kegagalan pada mesin atau pada mesin pendorong pesawat, pilot harus mencoba kembali menyalakan mesin.

Sementara, jika terjadi kerusakan mesin yang parah pada pesawat, mesin harus dimatikan sesuai prosedur penerbangan. Bila terjadi getaran mesin yang kuat usai mengalami bird strike, pilot diharuskan mengurangi dorongan pesawat untuk mengurangi getaran. Pilot juga bisa meminta untuk kembali ke bandara atau mendarat di bandara terdekat jika beberapa mesin rusak dan terdapat indikasi mesin bekerja secara tidak wajar.

Bila pilot mengetahui atau menduga pesawatnya terkena bird strike namun indikator mesin tetap normal, maka pilot bisa mempertimbangkan untuk kembali ke bandara atau mendarat di bandara terdekat. Mereka juga bisa kembali mengevaluasi keputusan untuk melanjutkan penerbangan dengan menggunakan standar kinerja operasional twin-engine twin-range, dengan operasi jangkauan yang diperluas atau penerbangan overwater. Karena kerusakan mesin atau penurunan kinerja mesin dapat terjadi dalam penerbangan. 

Pilot harus menjaga atau juga bisa mengurangi kecepatan pesawat bila mereka merasa ada kerusakan pada mesin yang bisa mempengaruhi kinerja pesawat. Mempercepat kecepatan pesawat hanya boleh dilakukan bila diperlukan untuk keselamatan penerbangan atau untuk mempertahakan kontrol jalur penerbangan.

Jika bird strike yang terjadi mengakibatkan kaca depan pesawat rusak, bila kejadian tersebut terjadi dibawa 10.000 kaki, maka pilot harus menghentikan proses take off dan terbang rendah. Sementara bila kejadian terjadi di atas 10.000 kaki, pilot harus menurunkan pesawat hingga 10.000 kaki atau terbang pada ketinggian aman.

Bird strike biasanya terjadi saat pesawat akan take off (lepas landas) atau landing (mendarat). Bila kejadian saat akan landing, jika pilot yakin bisa mendaratkan pesawat dengan aman maka mereka bisa mengambil opsi tersebut. Namun bila tidak yakin karena ada kerumunan burung, pilot bisa bertahan terlebih dulu di udara sambil menunggu burung-burung pergi. Terakhir, saat sudah mendarat, pilot harus melaporkan kejadian bird strike yang dialaminya kepada pihak terkait sesuai prosedur yang ada. Bukan hanya saat sudah terkena bird strike, bila pilot menemukan adanya aktivitas burung yang dianggap mengganggu penerbangan di sekitar bandara, hal tersebut juga harus dilaporkan. 



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini Tindakan yang Diambil Pilot Bila Terkena Bird Strike Rating: 5 Reviewed By: BG