728x90 AdSpace


Latest News
Minggu, 11 Juni 2017

NEWSVIDEO: Mahasiswa USU Kembangkan Teknologi Ini Kurangi Angka Kecelakaan




BERITA GOOGLE - Teknologi yang semakin pesat berkembang, membuat manusia untuk memanfaatkan teknologi sebagai wadah yang positif membantu orang banyak.

Hal nyata tersebut dilakukan seorang mahasiswa Fasilkom-TI USU Bintang Thunder Lumban Gaol (21).

Umurnya yang belia tak menghalangi dirinya berinovasi. Basic pengetahuan teknologi informasi yang dia dapat di kampus membuat dirinya mengembangkan teknologi start-up yang diberi nama Brain Wave Open Source Technology (BOST).

Bintang mengatakan BOST adalah teknologi berbasis hardware dan juga smartphone yang berguna untuk mendekteksi otak manusia.

"Ini merupakan teknologi yang kami kembangkan berbasis hardware dan smartphone yang berguna untuk mendeteksi otak manusia," ungkapnya kepada Tribun-Medan.com di Jl. Dr. Mansyur Medan, Minggu (11/6/2017).

Pria berambut gondrong berkacama tersebut menjelaskan deteksi otak dilakukan kepada pengendara di jalanan baik sepeda motor maupun mobil untuk mengurangi tingkat kecelakaan.

"Tingkat kecelakaan sering kali disebabkan oleh kurangnya konsentrasi manusia. Teknologi ini kami buat memberikan peringatan berupa getaran dan suara dari alat yang dipasangkan di helm," jelasnya.

Ia melanjutkan alat BOST yang dipasangkan di helm seperti layaknya earphone. Ketika alat mendeteksi pengendara dalam kondisi yang kurang baik. BOST yang telah terkoneksi dengan smartphone akan langsung memberikan peringatan.

"Caranya Alat yang telah terkoneksi dengan smartphone akan menghitung frekuensi otak manusia yang terdiri dari gelombang teta, beta, alfa, dan gama. Kondisi yang baik berada di gelombang beta.

 Ketika otak manusia berada di bawah gelombang itu maka alat akan segera memberikan peringatan," lanjut pria berkulit sawo matang tersebut.

"Peringatan berupa getaran untuk menyadarkan pengendara dan akan mengularkan suara berbunyi anda sedang salam kondisi yang kurang baik silahkan beristirahat," ujar Bintang.

Ia menambahkan, teknologi BOST berada dalam development. Dalam waktu dua bulan akan segera dirampungkan. "Tahapan saat ini sudah di tahap development namun kami kekurangan dana untuk segera merampungkan dikarenakan perangkat hardware yang mahal," kata Bintang.

"Namun dalam satu dua bulan kedepan kami sudah akan membeli perangkat hardware dengan mengumpulkan uang sendiri untuk segera merampungkan," tutupnya.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: NEWSVIDEO: Mahasiswa USU Kembangkan Teknologi Ini Kurangi Angka Kecelakaan Rating: 5 Reviewed By: BG