Tolak Hadirkan Miryam, KPK: Kami Independen, Tak Bisa Dipengaruhi


BERITA GOOGLE - KPK menegaskan menolak permintaan Pansus Angket KPK di DPR untuk menghadirkan Miryam S Haryani. Penolakan ini disampaikan melalui surat balasan ke DPR.

"KPK tidak bisa memberikan (izin) kehadiran Miryam S Haryani karena masih dalam proses penahanan di KPK dan sedang dalam proses hukum juga di penyidikan dan akan segera dilimpahkan ke pengadilan," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017).

Penolakan menghadirkan Miryam, tersangka pemberian keterangan tidak benar dalam pansus angket di DPR dilakukan KPK dengan mengirimkan surat. Surat ini merupakan surat balasan atas permintaan pansus angket yang ditandatangani wakil ketua DPR. 

Dalam surat tersebut, KPK menegaskan independensinya dalam penanganan perkara sebagaimana diatur dalam UU Nomor 30 Tahun 2002. KPK tidak mau proses penyidikannya dipengaruhi. 

"Ada klausul yang sangat tegas di UU Nomor 30 Tahun 2002 yang perlu kami patuhi dan wajib kami patuhi yaitu sifat KPK sebagai lembaga independen. Jadi pengaruh kekuasaan mana pun terkait penanganan perkara tentu tidak bisa dilakukan," sambung Febri.

"Karena kalau kita lihat proses penanganan tentu itu bagian turunan dari kewenangan di konstitusi yang diatur terkait badan-badan peradilan. Jadi badan-badan lain terkait kekuasaan kehakiman dan kita harus mematuhi," sambung Febri.

Pansus angket terhadap KPK memanggil Miryam berkaitan dengan klarifikasi terhadap surat pernyataan Miryam yang disampaikan ke Pansus. Rencananya Pansus Angket akan mengirim surat panggilan kedua untuk Miryam.

Dugaan adanya tekanan dari anggota Dewan kepada Miryam terungkap dalam sidang perkara korupsi e-KTP pada 30 Maret 2017. Penyidik KPK Novel Baswedan, saat bersaksi dalam persidangan, menyebut Miryam saat pemeriksaan di KPK menceritakan ketakutannya atas tekanan dari koleganya di DPR. 



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
Labels: Berita Terkini, Slider

Thanks for reading Tolak Hadirkan Miryam, KPK: Kami Independen, Tak Bisa Dipengaruhi. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top