VM Wanita Nyaris Bugil Mengidap Gangguan Jiwa Skizoafektif, Apa Itu?


BERITA GOOGLE - VM, perempuan nyaris bugil yang menghebohkan media sosial beberapa waktu lalu, positif mengalami gangguan kejiwaan. Polisi mengatakan VM mengidap dua jenis gangguan jiwa, yakni skizoafektif dan gangguan kepribadian ambang.

"VM sudah kembali ke Polsek (Tamansari). Kesimpulannya mengalami gangguan jiwa berat Skizoafektif dan gangguan kepribadian emosional tak stabil tipe ambang," ujar Kapolsek Tamansari AKBP Erick Frendriz, kepada BeritaGooglecom, Jumat (16/6/2017).

Karena mengidap gangguan jiwa, VM tidak sadar apa yang ia lakukan. Dirinya pun tidak mengetahui risiko dari tindakannya berbelanja dan jalan-jalan dalam keadaan nyaris bugil

"Yang bersangkutan kurang memahami nilai dan risiko tindakan serta mengarahkan tindakannya. Bahasa kedokterannya begitu," ucap Erick.

Dikutip dari Mayo Clinic, gangguan jiwa skizoafektif adalah kombinasi dari dua gejala gangguan jiwa, yakni skizofrenia dan gangguan mood seperti bipolar. Pasien gangguan skizoafektif bisa mengalami delusi dan halusinasi sekaligus perubahan mood dari mania menjadi depresi secara bersamaan.

Ada dua tipe utama gangguan jiwa skizoafektif, yakni tipe bipolar dan tipe depresif. Gangguan jiwa skizoafektif tipe bipolar membuat pengidapnya mengalami fase mania dan depresi, sementara tipe depresif tidak mengalami fase mania, hanya depresi saja.

"Gangguan skizoafektif yang tidak diobati akan menyebabkan masalah di pekerjaan, sekolah dan lingkungan sosial. Pasien sering mengalami kesepian dan membutuhkan dukungan penuh untuk menjalankan fungsi kesehariannya," demikian tulis Mayo Clinic.

Sementara itu, gangguan kepribadian tipe ambang (borderline personality disorder) merupakan gangguan jiwa yang membuat pengidapnya rentan melakukan tindakan impulsif. Tindakan impulsif yang dimaksud bisa dengan menyakiti diri sendiri, bertindak ageresif hingga menyakiti orang lain.

Laman WebMD menyebut gejala gangguan kepribadian tipe ambang biasanya muncul sejak masih anak-anak. Gejala utama yang bisa terlihat adalah perubahan mood yang intens dan perilaku impulsif yang berbahaya

"Perilaku impulsif ini rentan membuat pengidapnya melakukan penyalahgunaan narkoba, perilaku seks berisiko, suka kebut-kebutan, hingga menganiaya pasangan karena takut ditinggalkan," demikian tulis WebMD.

Untuk kasus VM, polisi mengatakan akan mengembalikannya kepada pihak keluarga untuk mendapat perawatan. Selama berada di tengah keluarga, tindakan VM wajib diawasi.

"Maka terperiksa perlu pendampingan dan pengawasan ketat terus menerus selama perawatan dari keluarga," tutup Erick.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
Labels: Berita Terkini, Slider

Thanks for reading VM Wanita Nyaris Bugil Mengidap Gangguan Jiwa Skizoafektif, Apa Itu?. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top