728x90 AdSpace


Latest News
Senin, 12 Juni 2017

Waspadai Dry Drowning, Tewas 'Tenggelam' Meski Sudah Tidak di Air


BERITA GOOGLE - Bocah laki-laki berusia empat tahun di Texas, Amerika Serikat, dikabarkan meninggal dunia setelah seminggu sebelumnya berenang di laut. Menurut dokter sang bocah mengalami kejadian langka yang disebut sebagai tenggelam kering (dry drowning).

Frankie Delgado diceritakan oleh ayahnya saat itu sedang bermain di laut dengan air dangkal tak lebih dari lutut. Lalu tiba-tiba datang ombak besar yang mendorongnya jatuh tersungkur ke dalam air dan ia pun segera ditolong oleh kerabat.

"Setelah itu dia bermain biasa sepanjang hari. Saya tidak memikirkan ada sesuatu yang aneh," ungkap sang Ayah seperti dikutip dari CNN, Senin (12/6/2017).

Namun pada malamnya Frankie mulai mengalami gejala muntah-muntah, diare, dan nyeri pundak. Keluarga awalnya mengira Frankie terkena infeksi bakteri perut sehingga hanya dirawat di rumah saja.

Hingga pada suatu malam saat akan tidur tiba-tiba saja napas Frankie berhenti. Ia dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tidak dapat ditolong. Menurut dokter Frankie diketahui meninggal dalam kondisi paru-paru penuh berisi cairan.

Juru bicara American College of Emergency Physicians dr Juan Fitz mengatakan apa yang menimpa Frankie bisa disebut tenggelam kering. Hal ini dapat terjadi ketika paru-paru seseorang tanpa disadari terisi oleh air dan mengalami pembengkakan meski sedang berada di darat.

Ketika paru-paru terisi oleh air maka kemampuannya untuk menyerap oksigen akan berkurang. Lama-lama tingkat oksigen di dalam tubuh terus menurun memengaruhi kerja jantung.

"Pada saat itulah Anda bisa terkena serangan jantung, karena tidak cukup oksigen di dalam tubuh," ungkap dr Juan.

Menurut ahli kejadian tenggelam kering umumnya terjadi pada anak-anak dan sulit untuk diprediksi. Gejalanya bisa muncul 24 jam setelah insiden masuknya air melibatkan batuk-batuk persisten, kesulitan bernapas, sesak dada, demam, dan perubahan mood yang aneh.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Waspadai Dry Drowning, Tewas 'Tenggelam' Meski Sudah Tidak di Air Rating: 5 Reviewed By: BG