728x90 AdSpace


Latest News
Sabtu, 08 Juli 2017

AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah


BERITA TERKINI - Otoritas Rusia dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk melakukan gencatan senjata di Suriah bagian barat daya. Gencatan senjata ini akan mulai diberlakukan pada Minggu (9/7) besok.

"Hari ini di Amman (Yordania), Rusia, Amerika dan pakar Yordania... menyepakati nota kesepahaman untuk mendirikan zona de-eskalasi," tutur Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, seperti dilansir AFP, Sabtu (8/7/2017).

Lavrov menyebut, gencatan senjata disepakati akan dilakukan di wilayah Daraa, Quneitra dan Sweida. "Akan ada gencatan senjata di zona ini mulai sejak 9 Juli, siang hari, waktu Damaskus," imbuhnya.

Kesepakatan gencatan senjata ini diumumkan Lavrov di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jerman. Dia mendampingi Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu pertama kali dengan Presiden AS Donald Trump, yang didampingi Menlu AS Rex Tillerson. Kesepakatan ini diumumkan usai pertemuan bersejarah itu.

Wilayah Suriah yang akan menjalani gencatan senjata itu termasuk area yang menjadi lokasi serangan balasan Israel saat peluru nyasar dari konflik Suriah, jatuh ke wilayah Dataran Golan yang dikuasai Israel beberapa waktu terakhir.

Rusia yang merupakan sekutu dekat rezim Presiden Bashar al-Assad, terus terlibat perundingan dengan Turki dan Iran untuk membahas zona de-eskalasi di Suriah. Perundingan yang digelar di Astana, Kazakhstan, pekan ini gagal mencapai kesepakatan soal kebijakan dan perbatasan pasti zona de-eskalasi. Namun perundingan itu menyepakati gencatan senja mulai Minggu (9/7) besok. Militer Rusia akan mengawasi gencatan senjata itu, tak lupa berkoordinasi dengan Yordania dan AS.

Secara terpisah, Menlu AS Tillerson mengkonfirmasi kesepakatan itu. Tillerson menyebut, kesepakatan itu menunjukkan bahwa AS dan Rusia mampu bekerja bersama di Suriah dan menegaskan kedua negara akan melanjutkan kerja sama itu.

"Kami melakukan diskusi panjang terkait area lain di Suriah, agar kami bisa terus bekerja sama dalam melakukan de-eskalasi, begitu kita mengalahkan ISIS (Islamic State of Iraq and Syria)," terang Tillerson, sembari menambahkan bahwa AS dan Rusia akan bekerja bersama menuju proses politik yang menjamin masa depan rakyat Suriah.




Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah Rating: 5 Reviewed By: BG