728x90 AdSpace


Latest News
Sabtu, 29 Juli 2017

Harga Sayuran Merangkak Naik, Erupsi Gunung Sinabung Berdampak pada Tipisnya Pasokan


BERITA GOOGLEHarga sejumlah sayuran di pasar tradisional di Kota Medan mengalami kenaikan. Hal ini dianggap dampak dari erupsi Gunung Sinabung. Sehingga, pasokan sayuran yang turun dari daerah Karo menipis.

Pantauan Tribun Medan di Pasar Sukaramai Medan, sayuran sawi pahit mengalami kenaikan Rp 3 Ribu per kilogram. Sebelumnya harga sawi pahit hanya Rp 5 Ribu, namun kini menjadi Rp 8 Ribu per kilogram.

Selain itu, sawi hijau juga mengalami kebaikan. Sebelumnya harga sawi hijau Rp 4 Ribu per kilogram, kini menjadi Rp 7 Ribu per kilogram.

Kemudian, kangkung mengalami kenaikan Rp 500 per ikatnya, menjadi Rp 1.500 per ikatnya. Serta sayur bayam, yang sehari sebelumnya dijual Rp 2.500 menjadi Rp 3.500 per ikatnya.

"Harga sayuran naik semua hari ini. Ya hampir rata-rata beberapa mengalami kenaikan. Disebabkan barangnya kosong,"kata pedagang Pasar Sukaramai Medan, Naomi, Jumat (28/7).

Dikatakannya, kenaikan harga tersebut disebabkan pasokan tidak ada masuk. Hal inu pun disinyakur karena dampak dari Erupsi Gunung Sinabung yang terjadi Kamis (27/7) kemarin.

"Bisa jadi karena gunung Sinabung. Debunya kan sampai Medan juga semalam. Nah kalai bayam dan kangkung ini naik harganya, karena musim kemarau juga,"ujarnya.

Namun, melalui pantauan Tribun, ada juga sejumlah sayuran yang bergerak turun seperti brokoli Rp 8 Ribu per kilogram, yang sebelumnya dari Rp 12 Ribu per kilogram, kacang panjang juga turun, pedagang menjual Rp 5 Ribu per kilogram dari sebelumhya 7 Ribu per kilogram.

"Biasalah, kalau pasokan kosong, harga naik, kalau banjir ya turun, untuk kacang panjang dan brokoli ini, memang akhir-akhir ini banyak pasokannya"ungkapnya.

Selain sayuran, cabai merah sepekan terakhir bertahan di kisaran Rp 17 Ribu hingga 20 Ribu per kilogram. Cabai rawit Rp 25 Ribu per kilogram, cabai hijau Rp 17 Ribu per kilogram, bawang merah dan bawang putih masing-masing Rp 25  Ribu per kilogram.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Harga Sayuran Merangkak Naik, Erupsi Gunung Sinabung Berdampak pada Tipisnya Pasokan Rating: 5 Reviewed By: BG