728x90 AdSpace


Latest News
Kamis, 13 Juli 2017

Mantan Intel Rusia Bikin Antivirus dan Raup Rp 17,3 Triliun


BERITA GOOGLEKaspersky yang sedang tersandung masalah dengan pemerintah Amerika Serikat, didirikan sosok bernama sama Eugene Kaspersky. Sosok genius yang berhasil menjulangkan nama vendor antivirus tersebut dan membuatnya meraup pundi-pundi miliaran dollar.

Eugene sudah pintar sejak muda. Di usia 16 tahun, dia diterima menempuh pendidikan elit di Institut Kriptografi, Telekomunikasi dan Ilmu Komputer yang didukung oleh lembaga intelijen Rusia, KGB.

Setelah lulus pada tahun 1987, dia ditugaskan sebagai intelijen militer Rusia. Kaspeersky sampai saat ini, tidak pernah mengungkapkan ilmu apa yang didapatnya dari institut tersebut atau apa pekerjaannya sebagai intelijen militer.

"Itu adalah top secret, jadi aku tidak mengingatnya," kata Eugene.

Pada tahun 1989, ia mulai tertarik mempelajari virus sampai taraf ketagihan. Ia senang mempelajari soal serangan virus dan bagaimana kode-kodenya bekerja. Temannya berkisah Eugene bisa duduk di depan komputer selama 20 jam hanya untuk mencari virus.

Awal tahun 1990-an, Eugene ingin meninggalkan militer sehingga bisa full time mencari virus. Tapi tidak mudah melakukannya, malah hampir tak mungkin."Kecuali masuk penjara, sakit atau membuktikan kamu sama sekali tak kompeten," sebut dia.

Nah, ada profesor di institut kriptografi memiliki perusahaan yang menjual apapun, dari sepatu sampai PC. Entah bagaimana, profesor itu bisa membantunya keluar dari militer dan merekrutnya. Kaspersky bergabung ke perusahaan itu bersama istrinya Natalya dan temannya, De Mont De Rique.

Pendirian Kaspersky

Tahun 1997, ketiga sosok itu memutuskan membuat perusahaan antivirus sendiri dengan nama Kaspersky. Perusahaan yang punya software canggih. Mereka misalnya, termasuk yang pertama memiliki database virus serta melakukan kuarantina malware.

Perusahaan muda itu berkembang pesat meski Eugene dan Natalya memutuskan cerai pada tahun 1998. Tapi sang mantan istri tetap bertahan di perusahaan dan menangani keuangan. Dan Eugene makin keras bekerja.

"Analis biasa mungkin akan meneliti 100 macam malware setiap hari. Tapi Eugene akan meneliti sampai 300," sebut Aleks Gostev, salah satu peneliti di Kaspersky.

Begitulah, kerja keras, kepandaian dipadu keberuntungan membuat Kaspersky jadi salah satu perusahaan antivirus top dunia. Dan Kaspersky jadi kaya raya. Harta terkini lelaki usia 51 tahun itu diestimasi USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 17,3 triliun.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mantan Intel Rusia Bikin Antivirus dan Raup Rp 17,3 Triliun Rating: 5 Reviewed By: BG