728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 29 Juli 2017

September, KRL Cikarang-Jakarta Bakal Operasi Perdana


BERITA GOOGLEKementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI memastikan pada September 2017 mendatang KRL Commuter Line lintas Jakarta Kota-Cikarang mulai beroperasi. Saat ini dua dari empat stasiun masih dilakukan pembangunan. 

"Kalau tidak ada rintangan, September nanti bisa angkut penumpang dari Cikarang menuju Jakarta Kota dan sebaliknya," kata Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri saat melakukan uji coba KRL Cikarang-Jakarta Kota, Jumat (28/7/2017) siang.

Menurut Zulfikri, jika KRL telah beroperasi maka akan mempersempit perjalanan dua kereta api (KA) lokal yakni, KA Walahar Ekspres dan KA Jatiluhur yang telah ada sejak beberapa tahun lalu. Operasi kedua KA lokal tersebut hanya akan sampai dengan Stasiun Cikarang tak lagi sampai Jakarta, setelah itu penumpang akan dialihkan ke KRL.

Zulfikri menuturkan, untuk KRL Cikarang-Jakarta Kota akan ada empat stasiun yakni, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung dan Cikarang masih dilakukan pembangunan. Namun Zulfikri memastikan, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap operasi KRL di lintas itu.

Sebab, pembangunan bisa berjalan terus. Sementara lalu lintas pengaturan penumpang bisa dilakukan melalui sembari memperbaiki fasilitas yang ada."Kayak di Tambun, kita bakal menggunakan peron portable seperti di Stasiun Rangkasbitung," ujarnya.

Lamanya jarak antara uji coba dan operasi perdana yang dilakukan terhadap lintas Cikarang disebabkan ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, salah satunya safety assessment yang harus mendapatkan persetujuan dari Menteri Perhubungan. 

Safety meliputi kemampuan operasional KRL mulai dari Listrik Aliran Atas (LAA), persinyalan, hingga lalu lintas serta headtime kereta dengan kereta api lainnya, seperti KRL yang telah ada dan KA jarak jauh. "Prosesnya paling seminggu, kita akan mengajukan nanti Senin besok," tutur Zulfikri. 




BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: September, KRL Cikarang-Jakarta Bakal Operasi Perdana Rating: 5 Reviewed By: BG