728x90 AdSpace


Latest News
Sabtu, 29 Juli 2017

Usai Mendarat, Dua Jamaah Haji Asal Medan Dilarikan ke Rumah Sakit


BERITA GOOGLEJamaah haji Kloter 01 Embarkasi Medan telah sampai di Madinah, Arab Saudi. Namun berdasarkan informasi yang disampaikan petugas kesehatan dari 389 jamaah haji, dua orang di antaranya mengalami gangguan kesehatan karena menempuh perjalanan selama sembilan jam dari Bandara Internasional Kualanamu Medan, Sumatera Utara menuju Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah.

Karena itu dua jamaah tersebut terpaksa menjalani perawatan medis lanjutan setelah menjalani pemeriksaan di klinik bandara. "Satu jamaah yakni Ny DD (55), didiagnosa mengalami hipertensi sehingga dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI)," kata Ika Nurfarida Sholeh, Kasubsi KKHI Madinah, Jumat (28/7/2017).

Sedangkan satu jamaah lainnya dilaporkan mengalami diabetes traumatik atau kesadaran yang menurun akibat penyakit diabetes, yakni Ny YM. Yang bersangkutan langsung dirujuk ke Mosat Hospital, Madinah. 

Ditanya kondisi suhu yang mencapai 45-50 derajat celcius, dia mengingatkan jamaah akan potensi serangan penyakit. "Yang paling ringan kulit kering dan pecah-pecah. Paling berat heat stroke yang dapat berakibat penurunan kesadaran hingga kematian," tandasnya.

Untuk mengantisipasi serangan penyakit akibat suhu yang tinggi, Ika Nurfarida Sholeh memberikan sejumlah langkah pencegahan:

1. Banyak minum, 300 cc/jam tanpa menunggu haus.
2. Memakai pelindung: payung, topi, alas kaki, kacamata hitam, berteduh, masker basah, tabir surya.
3. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan terutama yg di luar gedung.
4. Menyemprot wajah dan bagian tubuh yg terpapar sinar matahari. 




BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Usai Mendarat, Dua Jamaah Haji Asal Medan Dilarikan ke Rumah Sakit Rating: 5 Reviewed By: BG