728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 05 Agustus 2017

Rezim Kim Jong-un: 6.473 Pembelot Perempuan Pulang ke Korut


BERITA GOOGLERezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korea Utara (Korut) mengklaim sebanyak 6.473 pembelot perempuan telah pulang. Klaim itu muncul dalam laporan langka yang disampaikan kepada Komite PBB untuk Penghapusan Diskriminasi terhadap Perempuan.

Data ribuan pembelot yang pulang ke Korut itu akumulasi antara tahun 2005 hingga 2016. Pyongyang mengklaim bahwa mereka tidak menghukum para pembelot perempuan yang pulang.

Menurut kantor berita Yonhap yang dikutip Sabtu (5/8/2017), laporan kepada komite PBB pada hari Jumat itu disampaikan menjelang sidang komite yang dijadwalkan digelar awal November.

Menurut laporan media Korea, lebih dari 1.000 warga Korut diyakini membelot ke Korea Selatan setiap tahun. Sebagian besar dari mereka menyeberang ke China sebelum ke Korea Selatan.

Pyongyang dalam laporannya mengatakan bahwa mayoritas pembelot perempuan dipikat oleh pedagang manusia atau mengalami kesulitan ekonomi.

”Oleh karena itu, mereka tidak dikenai hukuman apapun, dan sekarang menikmati kehidupan yang stabil berkat politik negara yang penuh belas kasih dan kebaikan,” bunyi laporan pemerintah Korut kepada komite PBB.

Rezim Kim Jong-un mengklaim, aparatnya hanya menghukum 33 wanita, yang diduga melakukan kejahatan berat, seperti terlibat perdagangan narkoba dan percobaan pembunuhan selama berada di luar negeri.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa pemerintah Pyongyang membuat lembaga pendanaan untuk menawarkan bantuan keuangan kepada para perempuan yang diduga diperdagangkan ke luar negeri. 

Meski demikian, Yonhap meragukan klaim Korut dengan alasan rezim Pyongyang terkenal karena pelanggaran hak asasi manusia yang meluas.

Klaim rezim Kim Jong-un itu muncul setelah Juli lalu, mantan pembelot perempuan Korut yang menjadi bintang televisi di Korea Selatan muncul dalam video propaganda Korut bahwa dia pulang ke negaranya karena merasa berada di “neraka” selama tinggal di Korea Selatan.

Mantan pembelot perempuan itu adalah Lim Ji-hyun. Dia membelot dari Korut tahun 2014. Dalam video propaganda, perempuan itu mengklaim namanya yang sebenarnya adalah Jeon Hye-sung.

Lim mengaku pulang ke Korut secara sukarela. Tapi pihak berwenang Korea Selatan menduga bahwa dia diculik oleh agen-agen rezim Kim Jong-un. 



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Rezim Kim Jong-un: 6.473 Pembelot Perempuan Pulang ke Korut Rating: 5 Reviewed By: BG