Serunya Bule Cantik Belajar Tari Gambang Semarang untuk 17-an


BERITA GOOGLEBelasan bule cantik dari berbagai negara belajar menari Gambang Semarang, untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indoensia ke-72. Selain tari, mereka juga akan menampilkan beberapa lagu tradisional di Tanah Air seperti Gundul-Gundul Pacul dan Soleram.

Di antara bule-bule cantik itu terdapat seorang perempuan muda yang dengan susah payah mengikuti gerakan tari Gambang Semarang di bawah bimbingan seorang penarik cilik. Meski terlihat kepayahan, gadis cantik berambut ikal itu secara telaten melakukan gerakan mendhak atau memendekkan tubuh dengan menekuk lutut.

Jari-jari tangannya yang lentik juga masih terlihat kaku saat mengibaskan selendang di pinggang. Sesekali wajahnya yang ayu mengumbar senyum kepada penari cilik yang tanpa putus asa mengajarkan gerakan tari berirama lembut itu.

Meski demikian, belasan mahasiswi dari berbagai belahan dunia itu tetap semangat berlatih menjelang peringatan tujuh belasan di Kota Semarang. Selama dua hari terakhir, mereka giat berlatih tari tradisional di area kampus Universitas Diponegoro (Undip), Pleburan, Semarang.

"Yang paling suasah adalah menyesuaikan antara gerakan tari dengan musik pengirignya. Jadi kita haris hafal semua gerakan termasuk bit musiknya. Tapi seru juga bisa menari Gambang Semarang bersama rekan-rekan,” ujar seorang mahasiswi asal Inggris, Meidy, Jumat (11/8/2017).

Tak hanya membawakan kesenian tradisional lokal Jawa Tengah, tetapi mereka juga akan menyanyikan lagu-lagu tradisional dari berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, pada penampilan nanti, mereka juga memberi sentuhan berbeda pada lagu-lagu tersebut setelah diaransemen ulang.

"Kenapa kami memilih tari Gambang Semarang, karena itu kan tari tardisional di sini, jadi ketika penampilan nanti mereka akan bawakan. Meski awalnya agak susah tapi mereka sangat semangat, dan dua kali ini latihan secara umum telah hafal gerakannya," ujar mahasiswa Undip Muhammad Reynaldi.

Dia menambahkan, mahasiswi-mahasiswi cantik dari berbagai negara itu sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa. Selain mempelajari seni tradisi lokal di Indonesia, mereka juga bertukar informasi tentang budaya dan kesenian dari masing-masing negara.

"Banyak hal yang bisa kita peroleh dari program ini, karena kita tak hanya mengajarkan budaya lokal, tetapi kita juga belajar dari mereka. Misalnya masalah waktu, betapa kita harus banyak belajar dari mereka," pungkasnya. 




BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


Labels: Berita Heboh, Slider

Thanks for reading Serunya Bule Cantik Belajar Tari Gambang Semarang untuk 17-an. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top