728x90 AdSpace


Latest News
Sabtu, 16 September 2017

Analisis Mengapa Jepang Tak Tembak Jatuh Rudal Korut


BERITA GOOGLE - Keputusan militer Jepang tak menembak jatuh peluru kendali (rudal) Korea Utara (Korut) yang menerobos wilayah udara Hokkaido, pagi ini (15/9/2017), menjadi teka-teki. Terlebih insiden ini sudah yang kedua kali setelah tanggal 29 Agustus lalu.

Jepang dengan radar canggih serta didukung satelit peringatan dini Amerika Serikat (AS) yang terus memantau gerak-gerik militer Korut, mustahil jika Tokyo tidak mendeteksi ada rudal musuh menerobos wilayah udaranya sebelum akhirnya jatuh ke Samudra Pasifik.

Jaringan radar yang luas di Korea Selatan juga mendukung Jepang untuk mengambil keputusan untuk menembak jatuh senjata Pyongyang yang bisa membahayakan keselamatan warga Hokkaido dan sekitarnya.

Faktanya, pemerintah Jepang hanya menyebarkan peringatan atau alarm otomatis secara berantai ke ponsel-ponsel warganya. Alarm dalam bentuk pesan tertulis dan suara itu juga disiarakan melalui stasiun radio dan televisi. Isi pesan alarm pemerintah adalah instruksi agar warga Jepang berlindung.

Militer negeri Matahari Terbit ini sejatinya juga telah mengerahkan sistem rudal pertahanan udara Patriot Advanced Capacity-3 atau PAC-3 di pusat-pusat permukiman dan kompleks militer. Tapi, sistem rudal PAC-3 terkesan hanya jadi pajangan saat rudal balistik jarak menengah (IRBM) Hwasong-12 (HS-12) Pyongyang melintas di atas wilayah Hokkaido.

Ketika insiden serupa pada 29 Agustus lalu, Menteri Pertahanan Itsunori Onodera mengatakan kepada publik bahwa tidak ada upaya untuk menembak jatuh rudal Korut dengan alasan tidak ditargetkan terhadap Jepang.

Komentar itu juga sejalan dengan saran agar Jepang dan AS menahan diri sambil mempelajari kemampuan rudal rezim Kim Jong-un tersebut.

Tapi, ada analisis lain yang menyebut teknologi sistem rudal pertahanan standard SM PAC-3 Jepang diragukan kemampuannya.

Baca juga: Dua Kali Rudal Korut Terobos Langit Hokkaido, tapi Tak Ditembak Jatuh

Setiap rudal balistik terbang dengan sangat cepat, dan sangat tinggi. Waktu reaksi akan diperlu secepat kilat. Tidak ada waktu untuk kompromi dengan keputusan politik. Tidak ada waktu juga bagi untuk konsultasi dengan sekutunya jika benar-benar menganggap rudal balistik Korut berbahaya.

Namun kecepatan terbang dan tinggi rudal HS-12 Pyongyang diduga di luar jangkauan kemampun sistem pencegat rudal PAC-3 yang disiagakan di Pangkalan Udara Chitose, Hokkaido. Sistem anti-rudal di kapal perusak Jepang dan AS juga diragukan kemampuannya.

”Kami tidak memiliki tembakan untuk melawan IRBM atau MRBM atau SRBM (rudal balistik jarak pendek) dalam hal ini, selama fase dorongan rudal karena berada di luar kemampuan pencegat SM-3,” kata direktur Asosiasi Pengendali Senjata, Kingston Reif, baru-baru kepada The National Interest.

”Untuk pertempuran tengah malam, itu tergantung pada lintasannya, berapa banyak peringatan yang kami hadapi, dan berapa banyak kapal yang dikerahkan dan di mana,” ujarnya.

Selain kemampuan sistem anti-rudal PAC-3 Jepang yang diragukan, kredibilitas pasukan pertahanan AS dan Jepang akan “rusak parah” jika nekat menembak rudal Korut dan hasilnya gagal.

”Jika mereka telah mencoba menjatuhkannya dan gagal, konsekuensinya akan sangat serius,” kata analis pertahanan Nexial Research yang berbasis di Tokyo, Lance Gatling, seperti dikutip news.com.au.

”Ini adalah sistem pertahanan Jepang yang telah menghabiskan banyak uang dan itu telah datang singkat dalam tes pertamanya. Itu tidak akan terlihat bagus di dalam negeri, sementara itu juga akan mendorong orang Korea Utara untuk berpikir bahwa rudal mereka tidak dapat disentuh,” ujar Gatiling.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Analisis Mengapa Jepang Tak Tembak Jatuh Rudal Korut Rating: 5 Reviewed By: BG