728x90 AdSpace


Latest News
Sabtu, 23 September 2017

Pencarian Korban Selamat Gempa Meksiko Terus Berlanjut, 293 Tewas


BERITA GOOGLEKoordinator pertahanan sipil nasional Meksiko mengatakan jumlah korban tewas akibat gempa di Mexico City dan sejumlah tempat lainnya menjadi setidaknya 293 orang. Hingga saat ini tim penyelamat terus mencari korban yang terjebak dalam reruntuhan.

Luis Felipe Puente, koordinator pertahanan sipil Meksiko, mengatakan di Twitter bahwa lebih dari setengah dari mereka yang tewas, 155 orang, berada di Mexico City.

Puente mengatakan bahwa selain 155 orang tewas di Mexico City, 73 orang meninggal di Morelos, 45 orang tewas di Puebla, 13 orang meninggal di Mexico State, 6 meninggal di Guerrero dan satu kematian dilaporkan terjadi di Oaxaca.

Di sekolah Enrique Rébsamen Mexico City, 11 anak diselamatkan dan 19 anak-anak serta enam orang dewasa dipastikan tewas, kata beberapa pejabat.

Beberapa orang ditemukan selamat pada hari Kamis. Di wilayah Colonia Obrera, Mexico City, sorak sorai meletus dari lebih 1.000 relawan dan pejabat setelah mereka menarik seorang korban dari puing-puing sebuah pabrik tekstil pada hari Kamis. Tapi pekerjaan untuk menemukan korban selamat segera dilanjutkan.

Gempa berkekuatan 7,1 melanda sekitar pukul 02.15 waktu setempat dan pusat gempa berada di negara bagian Puebla, sebelah tenggara Mexico City, kata Survei Geologi AS. Gempat terjadi pada peringatan 35 tahun gempa paling mematikan di negara itu yang terjadi pada tahun 1985 dan membunuh 9.500 orang.

Mereka yang menyaksikan bangunan runtuh mengatakan tragedi tersebut bisa saja jauh lebih buruk. Beberapa bangunan tidak segera runtuh, memberi waktu kepada orang untuk melarikan diri, dan ada beberapa yang hancur namun masih menyisakan ruang udara bagi penguhuninya untuk bertahan.

Dalam kasus lain, keselamatan tampak hampir ajaib.

Penjaga keamanan Felix Giral Barron mengatakan bahwa setelah gempa dimulai, dia sempat berlari dan menyuruh orang untuk melakukan evakuasi. Kemudian seluruh bangunan apartemen di seberang jalan hancur dan sebuah tangki gas pemanas besar meluncur turun, tapi tidak meledak.

"Bensin seberat 550 pon (250 kilogram) tertahan oleh pepohonan di jalan, dan itu mencegahnya meledak," katanya seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (23/9/2017).

Angkatan Laut Meksiko mengatakan pada hari Jumat bahwa 115 orang telah ditemukan hidup oleh regu penyelamat di Mexico City. Meksiko mengatakan 1.300 marinirnya telah ditugaskan untuk membantu, dan relawan, pekerja bantuan serta pejabat telah melakukan perjalanan dari seluruh dunia ke Meksiko untuk membantu usaha pemulihan.

"Tindakan pencarian dan penyelamatan akan berlanjut sampai mereka kehabisan semua kemungkinan," kata Sekretariat Angkatan Laut Meksiko dalam sebuah pernyataan.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pencarian Korban Selamat Gempa Meksiko Terus Berlanjut, 293 Tewas Rating: 5 Reviewed By: BG