Balas Manuver AS-Korsel, Korut Bersiap Luncurkan Rudal Balistik


BERITA GOOGLEKorea Utara (Korut) diyakini sedang bersiap untuk meluncurkan rudal balistik. Peluncuran itu sebagai pembalasan atas latihan angkatan laut gabungan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) yang akan datang.

Harian Donga Ilbo mengutip sumber pemerintah melaporkan bahwa citra satelit menunjukkan rudal balistika yang dipasang pada peluncur telah dibawa keluar dari hanggar dekat Pyongyang dan di Provinsi Pyongan Utara.

Sumber tersebut mengatakan bahwa pejabat militer AS percaya bahwa gerakan tersebut dapat mengindikasikan persiapan untuk peluncuran uji coba rudal yang setara dengan rudal balistik antar benua Hwasong-14 atau rudal balistik jarak jauh Hwasong-12 (IRBM).

Kemungkinan lain bisa menjadi pengujian ICBM Hwasong-13 (bermesin padat) baru yang memiliki jangkauan maksimal lebih panjang dari pada Hwasong-14.

Awalnya diperkirakan Korut akan melakukan uji coba provokatif pada Selasa lalu, untuk memperingati ulang tahun pendirian partai komunis.

Namun, spekulasi sekarang meningkat bahwa pengerahan kelompok kapal induk AS dan kapal selam bertenaga nuklir ke Semenanjung Korea dapat memberikan pemicu aksi baru.

"Korut dapat melakukan peluncuran ICBM dan IRBM secara simultan dalam beberapa hari ke depan, untuk memprotes pertunjukan militer AS," kata seorang sumber kepada Donga Ilbo seperti dikutip dari Independent, Sabtu (14/10/2017).

USS Ronald Reagan akan melakukan latihan bersama selama sepuluh hari di perairan timur dan barat Korsel. Mulai Senin, latihan tersebut akan memeriksa interoperabilitas komunikasi dan kemitraan, armada 7 Angkatan Laut AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sebanyak 40 kapal angkatan laut, termasuk perusak Aegis dan helikopter serang akan dikerahkan.

Sementara itu USS Michigan, sebuah kapal selam seberat 18.000 metrik ton, yang tiba di pelabuhan Busan, Korea Selatan, Jumat, juga diharapkan dapat mengikuti latihan tersebut.

Meskipun Washington dan Seoul bersikeras bahwa latihan bersama secara defensif bersifat defensif, Korea Utara menganggap mereka sebagai latihan untuk invasi dan telah mengecam dengan tes senjata di masa lalu.

Penyebaran ini terjadi pada saat ketegangan antara AS dan Korut, dengan Presiden Trump dan Kim Jong-un melakukan penghinaan reguler.

"Aksi militer AS memperkuat tekad kita bahwa AS harus dijinakkan dengan api dan membiarkan kita mendekatkan diri ke pemicu untuk melakukan tindakan balasan terberat," kata seorang pejabat kementerian luar negeri Korut, yang dilaporkan oleh kantor berita pemerintah KCNA.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


Labels: Berita International, Slider

Thanks for reading Balas Manuver AS-Korsel, Korut Bersiap Luncurkan Rudal Balistik. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top