728x90 AdSpace


Latest News
Senin, 02 Oktober 2017

Italia Usir Dubes Korut sebagai Protes Tes Rudal


BERITA GOOGLEPemerintah Italia telah memerintahkan duta besar (dubes) baru Korea Utara (Korut) Mun Jong-nam untuk negara Eropa tersebut. Pengusiran diplomat Pyongyang itu sebagai protes uji coba peluru kendali (rudal) yang dilakukan militer rezim Kim Jong-un beberapa waktu lalu.

Menteri Luar Negeri Italia Angelino Alfano mengumumkan langkah tersebut dalam sebuah wawancara dengan surat kabar La Repubblica, yang diterbitkan pada hari Minggu (1/10/2017).

”Kami telah mengambil keputusan tegas atas gangguan prosedur akreditasi. Duta besar harus meninggalkan negara ini,” kata Alfano.

”Kami ingin membuat Pyongyang mengerti bahwa isolasi tidak bisa dihindari jika tidak berubah arah,” lanjut Alfano.

Kendati demikian, Alfano menekankan bahwa Italia tidak memutuskan hubungan diplomatik dengan Korut. ”Karena ini selalu bisa berguna untuk menjaga saluran komunikasi,” ujarnya.

Korut telah menunjuk Mun Jong-nam sebagai duta besar barunya untuk Roma pada bulan Juli. Diplomat baru itu mengisi pos kedutaan di Roma yang telah kosong selama lebih dari setahun.

Diplomat tersebut mulai bekerja di Roma namun tidak menyelesaikan pendaftarannya dengan pihak berwenang Italia.

Langkah Italia terjadi saat masyarakat internasional berusaha meningkatkan tekanan pada rezim Kim Jong-un yang telah menguji coba rudal dan senjata nuklirnya. China, sekutu utama Korut, juga setuju untuk membatasi ekspor minyak dan impor tekstil ke tetangganya tersebut sebagai pelaksanaan sanksi yang dijatuhkan Dewan Keamanan PBB.


BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Italia Usir Dubes Korut sebagai Protes Tes Rudal Rating: 5 Reviewed By: BG