728x90 AdSpace


Latest News
Sabtu, 07 Oktober 2017

Korut Akuisisi Pabrik yang Ditinggalkan Korsel di Kaesong


BERITA GOOGLEKorea Utara (Korut) telah mulai mengoperasikan beberapa pabrik yang diinvestasikan Seoul di kompleks industri Kaesong setelah Korea Selatan (Korsel) menarik diri dari usaha patungan tersebut. Demikian laporan yang diturunkan media online Pyongyang.

Korsel menghentikan operasi di kompleks industri itu pada bulan Februari tahun lalu. Saat itu Korsel mengatakan bahwa uang yang dihasilkan Pyongyang dari usaha tersebut digunakan untuk program senjata nuklirnya.

Sebuah asosiasi yang mewakili 120 perusahaan Korsel yang mengoperasikan pabrik di Kaesong, yang terletak persis di seberang perbatasan Korut, memperkirakan nilai aset yang ditinggalkan senilai USD 663 juta.

Pada hari Jumat (6/10/2017), media Korut mengkonfirmasi pabrik yang dikelola bersama masih berjalan dan bahwa pabrik yang ditinggalkan oleh Korsel tidak dapat lagi dianggap sebagai aset mereka.

"Tidak ada yang bisa mengganggu apa pun yang kita lakukan di zona industri yang berada di wilayah kedaulatan kita," tulis Uriminzokkiri, salah satu media propaganda Pyongyang, seperti dinukil dari Channel News Asia.

Artikel tersebut menambahkan bahwa Pyongyang akan membekukan semua fasilitas, produk dan bahan yang ditinggalkan oleh Korsel dan akhirnya mengendalikan serta mengelolanya.

"Tidak peduli seberapa keras AS dan kroni-kroninya dapat mencoba untuk mengintensifkan sanksi, mereka tidak akan pernah bisa menghentikan kita maju dan pabrik di zona industri semuanya akan segera bekerja lebih aktif," katanya.

Situs propaganda online Korut lainnya, Arirangmeari.com, mengatakan bahwa mesin pabrik yang ditinggalkan oleh Korsel telah hangus.

"Anjing-anjing itu menggonggong tapi kafilah terus berjalan. Betapapun kekuatannya yang sangat bermusuhan, keriuhan, pabrik di zona industri Kaesong akan berjalan lebih aktif," katanya.

Pengumuman tersebut menyusul laporan berita bahwa Korut telah menggunakan fasilitas investasi Seoul di 19 pabrik untuk memproduksi pakaian di Kaesong.

Korut tidak mau tunduk pada sejumlah sanksi internasional atas program nuklir dan misilnya.

Menanggapi pengumuman tersebut, seorang pejabat di kementerian unifikasi Seoul mengatakan kepada kantor berita Yonhap: "Korea Utara tidak boleh melanggar hak properti perusahaan Korea Selatan."



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Korut Akuisisi Pabrik yang Ditinggalkan Korsel di Kaesong Rating: 5 Reviewed By: BG