Malaysia Berencana Tutup Kedubes di Pyongyang


BERITA GOOGLEPemerintah Malaysia dilaporkan berencana untuk menutup kantor Kedutaan Besar mereka di Pyongyang, Korea Utara (Korut). Penutupan kantor kedubes merupakan salah satu langkah paling keras dalam hubungan diplomatik.

Menurut seorang sumber di Kementerian Luar Negeri Malaysia, pihaknya akan mengajukan rekomendasi penutupan kantor kedubes tersebut ke kabinet pmerintahan Malaysia. Jika disetuji, maka penutupan itu akan dilakukan sesegera mungkin.

"Wisma Putra (Kementerian Luar Negeri Malaysia) akan mengajukan rekomendasi agar kabinet memutuskan. Kami harus menunggu sampai kabinet membuat keputusan," kata pejabat itu, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/10).

Malaysia dan Korut sendiri mulai membentuk hubungan diplomatik resmi pada tahun 1973. Namun dibutuhkan waktu sampai tahun 2004 bagi Malaysia untuk membuka kedutaan di Pyonhyang.

Kuala Lumpur dan Pyongyang sebelumnya menikmati hubungan hangat, termasuk perjalanan bebas visa, sampai terjadi pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un, yakni Kim Jong-nam, di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada bulan Februari. Kejadian ini menyebabkan gesekan signifikan dalam hubungan antara kedua negara.

Pihak berwenang Malaysia yakin Pyongyang mendalangi pembunuhan tersebut. Namun, Korut membantah terlibat, dan menolak untuk mengakui bahwa korban adalah saudara tiri Kim Jong-un.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


Labels: Berita International, Slider

Thanks for reading Malaysia Berencana Tutup Kedubes di Pyongyang. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top