Puluhan Tahun Menunggu, Identitas Monster Laut Ini Akhirnya Terungkap


BERITA GOOGLESetelah terkubur selama jutaan tahun dan ditemukan di Jerman puluhan tahun yang lalu, sebuah fosil monster yang hidup bersama dinosaurus akhirnya berhasil diidentifikasi.

Fosil ini pertama kali ditemukan di lahan kontruksi oleh seorang kolektor fosil Lothar Schulz yang tinggal di Hanover pada tahun 1980-an. Schulz kemudian menyimpan tulang belulang itu menjadi koleksi pribadinya, sebelum memberikannya kepada Siegfried Schubert yang juga seorang kolektor.

Di tangan Schubert-lah, para peneliti dari Jerman dan Swedia akhirnya mendapat akses untuk mempelajarinya. Sebagai rasa terima kasih, para peneliti pun memberi nama reptil itu sebagai Arminisaurus schuberti. Arminisaurus diambil dari nama kepala perang Jerman Arminius, sedangkan schuberti berasal dari nama sang kolektor.

Ketika digali, fosil A schuberti sempat mengalami beberapa kerusakan. Meski demikian, para peneliti berhasil mengumpulkan sekitar 40 persen kerangka, yakni sebagian tulang rahang, beberapa gigi, sebagian tulang belakang, tulang rusuk yang patah, tulang di sirip dan tulang bahu yang hampir sempurna.

Ia pun menjadi salah satu spesimen paling lengkap dari era Plienscbachian (sekitar 190 juta tahun yang lalu). "Hanya ada spesimen holotype (satu-satunya spesimen yang pernah ditemukan) yang tidak lengkap," kata Sven Sachs, seorang peneliti di Naturkunde-Museum Bielefeld di Jerman seperti dikutip dari Newsweek, Senin (18/9/2017).

"Lehernya pun tidak lengkap sehingga sulit untuk mengatakan seberapa panjang (lehernya) dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya," kata Sachs.

Sebagai anggota keluarga anggota keluarga Plesiosaurus yang bisa tumbuh seukuran bus sekolah, panjang tubuh A schuberti diperkirakan mencapai sekitar 3-4 meter atau lebih. Pasalnya, Plesiosaurus lain, seperti Styxosaurus, memiliki leher yang panjangnya setengah dari panjang tubuhnya.

Para ilmuwan juga berkata bahwa A schuberti merupakan hewan karnivora yang kemungkinan memangsa ikan dan cumi-cumi di dalam laut.


BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


Labels: Berita International, Slider

Thanks for reading Puluhan Tahun Menunggu, Identitas Monster Laut Ini Akhirnya Terungkap. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top