Raqqa Direbut Oposisi Suriah, Trump: Tamatnya ISIS Terlihat


BERITA GOOGLEPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji kekalahan kelompok ISIS di Raqqa, Suriah, sebagai terobosan penting dalam kampanye memerangi ekstremis di seluruh dunia. Menurut Trump tamatnya “kekhalifahan” ISIS sudah terlihat.

Pada hari Jumat, Pasukan Demokratik Suriah (SDF)—opisisi Suriah yang didominasi pasukan Kurdi—secara resmi mengumumkan pembebasan Raqqa dari pendudukan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Daesh. Kemenangan itu penting karena Raqqa selama ini dianggap sebagai “ibu kota” Daesh.

”Bersama-sama, pasukan kita telah membebaskan seluruh kota dari kendali ISIS,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

”Kekalahan ISIS di Raqqa merupakan terobosan penting dalam kampanye kami di seluruh dunia untuk mengalahkan ISIS dan ideologinya yang jahat. Dengan pembebasan ‘ibu kota’ ISIS dan sebagian besar wilayahnya, tamatnya kekhalifahan ISIS sudah terlihat,” lanjut Trump, seperti dikutip Reuters, Minggu (22/10/2017).

Trump mengatakan bahwa perang AS melawan ISIS—yang diluncurkan oleh pendahulunya, Barack Obama—akan segera memasuki fase baru, di mana AS akan mendukung pasukan keamanan lokal. “Meningkatkan kondisi damai bertahan lama,  agar teroris tidak bisa kembali mengancam keamanan kolektif kita lagi,” papar Trump.

”Bersama-sama, dengan sekutu dan mitra kami, kami akan mendukung perundingan diplomatik yang mengakhiri kekerasan, memungkinkan pengungsi kembali ke rumah dengan selamat, dan menghasilkan transisi politik yang menghormati kehendak rakyat Suriah,” imbuh pemimpin Gedung Putih ini.

Pernyataan Trump tidak menyebutkan nasib masa depan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Dia juga tidak menjelaskan bagaimana posisi dukungan AS terhadap pasukan keamanan lokal.

Namun, Gedung Putih menyatakan bahwa kebijakan AS terhadap Assad tetap sama. Selama ini, para pejabat Washington menegaskan bahwa Assad tidak memiliki masa depan untuk mengatur Suriah.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


Labels: Berita International, Slider

Thanks for reading Raqqa Direbut Oposisi Suriah, Trump: Tamatnya ISIS Terlihat. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top