Sedekah Bumi, Warga Desa Cibuntu Arak Berbagai Hasil Pertanian


BERITA GOOGLERatusan warga Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat berkeliling kampung dengan membawa hasil bumi dan makanan atau dikenal dengan tradisi sedekah bumi. Ratusan warga beramai-ramai mengarak hasil bumi dengan keliling kampung hingga belasan kilometer.

Dengan membawa hasil bumi para warga harus berjalan kaki menyusuri rumah warga dan persawahan. Kaum laki-laki wajib membawa tetenong yang berisi makanan.

Semetara, kaum perempuan membawa boboko yang berisi makanan juga untuk disantap bersama-sama. Tradisi yang digelar setahun sekali itu sebagai bentuk syukur atas melimpahnya hasil panen tahun ini.

Arak-arakan warga dan sejumlah makanan yang sudah terkumpul kemudian di doakan oleh sesepuh warga cibuntu sebagai wujud syukur kepada tuhan. Usai didoakan, ratusan warga langsung menyerbu makanan yang dibawa.

"Diharapkan tradisi ini bisa menarik wisatawan dari luar daerah. Karena Desa cibuntu merupakan desa wisata yang sebelumnya meraih penghargaan juara ke dua nasional se indonesia," ujar Suta, tokoh masyarakat Desa Cibuntu.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


Labels: Berita Terkini, Slider

Thanks for reading Sedekah Bumi, Warga Desa Cibuntu Arak Berbagai Hasil Pertanian. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top