Warga Kecewa, Perbaikan Jembatan Bonceret Terkatung-katung


BERITA GOOGLEWarga Kampung Bonceret RT06/10 Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, mengeluhkan lambatnya penanganan Jembatan Bonceret yang rusak diterjang luapan Sungai Ciminyak. 

Sudah setahun lebih jembatan sepanjang 15 meter, lebar 3 meter dan tinggi dari permukaan air sungai 6 meter ini terbelah dan tak nyaris ambruk setelah tanah pondasinya tergerus luapan sungai pada Rabu (20/4/2016).

Meski sebagian badan jembatan masih berdiri, namun warga tak boleh menggunakannya karena dikhawatirkan ambruk saat dilalui. Alhasil, warga terpaksa mengambil jalan memutar yang lebih jauh jaraknya, atau menggunakan rakit dari bambu untuk menyeberang meskipun sangat berbahaya. 

"Jembatan itu sangat dibutuhkan warga dan memang sampai saat ini belum juga diperbaiki," kata salah seorang tokoh masyarakat Desa Rancapanggung kepada BeritaGoogle.com, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, saat pembangunan jembatan itu prosesnya sangat lama. Sehingga sangat disayangkan ketika jembatan itu telah rampung dan kini mengalami kerusakan justru dibiarkan. "Kalau terlalu lama dibiarkan takutnya nanti kerusakan jadi tambah parah," tandasnya. 

Aktivis pegiat sosial yang juga Ketua Trapawana Jabar David Riksa Buana mengaku, sangat prihatin dengan penderitaan warga di Rancapanggung. Untuk itu pihaknya bersama warga melakukan penggalangan dana melalui media sosial..

Dia menjelaskan, jembatan berstatus jalan desa tersebut sebelumnya bisa dilalui kendaraan roda empat. Namun akibat terjangan banjir posisi jembatan menjadi miring. Bahkan, besi penopang di ujung jembatan bergeser dan nyaris ambruk ke dasar sungai. 

Warga telah berupaya melakukan perbaikan darurat dengan material seadanya seperti bambu, karena khawatir jembatan itu ambruk semuanya. Berdasarkan data yang dimilikinya hampir seluruh jembatan besar di KBB adalah peninggalan Kabupaten Bandung. 

Bahkan ada yang peninggalan Belanda sehingga sejak KBB berdiri tidak ada pembangunan jembatan baru. "Bukan hanya Jembatan Bonceret, jembatan Cisokan yang terletak di perbatasan KBB-Cianjur dan Jembatan Tonjong di desa Gununghalu yang menghubungkan KBB-Ciwidey juga kondisinya rusak berat," pungkasnya.



BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis


Labels: Berita Terkini, Slider

Thanks for reading Warga Kecewa, Perbaikan Jembatan Bonceret Terkatung-katung. Please share...!

Sports

S

Sejarah

Kesehatan

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms
Back To Top