• Latest News

    Minggu, 29 Oktober 2017

    Dipaksa Warnai Rambutnya Jadi Hitam, Gadis Jepang Gugat Pemerintah


    BERITA GOOGLE - Seorang gadis pelajar Jepang menggugat pemerintah daerah Osaka 2,2 juta yen atau sekitar Rp263 juta. Tuntutan hukum itu diajukan setelah pihak sekolah memaksanya untuk mewarnai rambut cokelatnya yang alami menjadi warna hitam.

    Gadis 18 tahun yang identitasnya dilindungi pihak pengadilan meminta 2,2 juta yen sebagai kompensasi. Dia menuduh pemerintah daerah yang mengelola Sekolah Tinggi Kaifukan di kota Habikino memaksanya untuk mewarnai rambut jika ingin terus menghadiri kelas.

    Menurutnya, pewarnaan rambut yang berulang kali telah merusak rambut serta kulit kepalanya. Akibatnya, dia mengalami sakit kepala.

    Ibu gadis itu, seperti dilansir The Japan Times, mengatakan bahwa dia telah menginformasikan kepada pihak sekolah bahwa rambut putrinya memang secara alami berwarna cokelat. Namun, para guru berulang kali meminta gadis itu agar mengubah warna rambutnya menjadi hitam sesuai kebijakan sekolah yang melarang pelajar mewarnai atau memutihkan rambut.

    Aturan sekolah itu juga memicu petisi yang diajukan terhadap pemerintah setempat. Petisi tersebut mengutip percakapan dengan ibu gadis tersebut, di mana pihak berwenang sekolah bersikeras bahwa siswa asing yang berambut pirang harus mewarnai rambutnya menjadi hitam sesuai aturan sekolah.

    Dalam gugatannya, pelajar itu mengaku terganggu kesehatannya dan akhirnya memilih berhenti bersekolah sejak September 2016.

    Kepala sekolah Kaifukan, Masahiko Takahashi, menolak berkomentar mengenai kasus ini. Namun, Dewan Pendidikan Prefektur Osaka mengatakan bahwa peraturan tentang penampilan, pakaian dan rambut siswa ditetapkan oleh masing-masing sekolah secara berbeda-beda.

    Mengutip laporan BBC, Sabtu (28/10/2017), beberapa sekolah di Jepang juga menuntut agar siswa dengan rambut cokelat secara alami mengirimkan dokumen yang menyatakan bahwa rambut mereka tidak hitam. Beberapa sekolah meminta bukti, seperti foto siswa saat bayi, untuk menegaskan warna rambut mereka memang tidak hitam.



    BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

    Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Dipaksa Warnai Rambutnya Jadi Hitam, Gadis Jepang Gugat Pemerintah Rating: 5 Reviewed By: BG
    Scroll to Top