• Latest News

    Jumat, 22 Desember 2017

    Sejarah Festival Makan Onde (Dong Zi/ Tang Cue).


    BeritaGoogle.com - Dong Zhi dalam bahasa Hokkian "Tang Cue"

    Dōngzhì Festival atau Winter Solstice Festival (Cina: 冬至; pinyin: dōng Zhi; "Musim Dingin Ekstrim") adalah salah satu festival yang paling penting dirayakan oleh Cina dan Asia Timur selama Dongzhi istilah matahari pada 22 Desember pada tahun 2009 ini (bertepatan dengan hari ibu di Indonesia),ketika sinar matahari yang paling lemah dan siang hari terpendek.

    Asal-usul festival ini dapat ditelusuri kembali ke filsafat Dao ,Yin dan Yang : sebagai keseimbangan dan harmoni dalam kosmos,alam semesta. Setelah hari perayaan, maka siang hari berangsur - angsur menjadi lebih panjang sehingga energi positif juga mulai mengalir masuk
    Signifikansi filosofis ini dilambangkan oleh I Ching hexagram fu (复, "Returning")

    Awal festival ini mulai dirayakan adalah pada masa dinasti Han (206 SM - 220 M) dan berlanjut hingga dinasti Tang dan Song (tahun 618 - 1279)

    Pada masa dinasti Qing (1644 - 1911) perayaan ini bahkan dianggap sama pentingnya dengan perayaan musim semi.

    Pada zaman kuno, orang-orang Cina merayakan Winter Solstice Festival (Dong Zhi) dengan mengunjungi kerabat dan teman-teman, dalam banyak cara yang sama seperti orang Cina Tahun Baru Imlek.
    Ada pesta adat, dan bisnis akan menutup untuk hari ini.
    bola ketan yang dikenal sebagai "tang yuan" atau kita sebut "Onde"dikonsumsi sebagai simbol persatuan dan keharmonisan keluarga pada hari ini.

    Tapi apa yang dimaksud winter solstice?
    Sebuah titik balik matahari adalah ekspresi astronomi yang menjelaskan waktu dalam tahun ketika matahari yang berjarak sangat jauh dari katulistiwa kita.
    Ada satu titik balik matahari di musim panas, sesuai dengan hari terpanjang dalam setahun, dan satu lagi di musim dingin, sesuai dengan hari terpendek dalam setahun.
    Musim mungkin berbeda-beda, namun, mengingat belahan bumi yang kita bicarakan.
    Titik balik matahari musim dingin disebabkan oleh bumi mencapai titik terjauh dari matahari, Ketika bumi mengelilingi matahari itu secara bersamaan berputar pada porosnya. Ketika titik ini terjadi, satu belahan lebih jauh dari matahari dan sehingga terjadi musim dingin.
    Pada saat yang sama, belahan bumi yang lain lebih dekat ke matahari dan musim panas.

    Kata solstice berasal dari "solstitium", yang merupakan kata Latin.
    Solstitium Kata ini berasal dari kata Latin "sol", atau matahari, dan "stitium", yang diterjemahkan untuk berhenti.
    Ketika solstice terjadi, matahari tampak seperti yang telah dilakukan persis seperti itu. Mencapai ketinggian yang hampir sama pada siang hari setiap hari selama beberapa hari sebelum dan setelah solstice.

    Di belahan bumi utara, musim dingin solstice jatuh di kedua Desember 21 atau 22 setiap tahun ketika matahari muncul tepat di atas tropis of Capricorn.

    Untuk belahan bumi selatan, 20 atau 21 Juni adalah titik balik matahari musim dingin, yang terjadi ketika matahari bersinar langsung di atas tropis of Cancer.

    Titik balik matahari musim dingin selalu menandai hari terpendek dalam setahun dan malam terpanjang dalam setahun.
    Kebanyakan budaya menganggap hari ini menjadi tengah-tengah musim dingin di kalender mereka. Tanggal solstice telah mengejutkan hanya digerakkan oleh satu hari dalam tiga ribu tahun.

    Banyak peradaban yang lebih tua mengamati titik balik matahari musim dingin sebagai periode yang dilahirkan kembali, karena matahari tampak seperti itu dibuat ulang dan siang hari berlangsung lebih lama.

    Ini biasanya dilihat sebagai sesuatu yang baik ketika perubahan terjadi untuk menghilangkan kegelapan kejahatan dari dunia dan menerangi dunia dengan kebaikan.
    Pada saat sekarang ini, beberapa orang masih merayakan festival cahaya.
    Serupa dengan festival DongZhi Cina, orang barat mengamati ada perayaan penting dalam pergantian musim tersebut seperti Natal dan Hindu di Diwali, festival cahaya.

    Secara turun - temurun, festival ini menjadi saat berkumpul bagi seluruh anggota keluarga menikmati
    TangYuan (湯圓, orang Indonesia menyebutnya wedang ronde)
    yang pasti setelah makan onde (Tang yuen)umur kita akan bertambah satu.

    Ada yang mengatakan apabila umur anda 20 maka makanlah 20 butir + 1 Onde(TangYuen) lucu juga seandainya kakek kakek atau nenek nenek yang umur 90th harus menelan 90 butir + 1 butir Onde, + 1 berarti umur kita bertambah satu .

    Dalam tradisi keluarga kami membuat onde pada malam harinya dan sebelum Onde direbus Mama mertua ku selalu memutar nampan yang berisi onde searah jarum jam sambil berkata kata seperti berpantun dengan kata kata pengharapan seperti sbb :

    圆 哑 圆 , 一 家 年 年 都 团 年
    yuán yǎ yuán , yī jiā nián nián dōu tuán nián
    yang artinya : Setiap tahun keluarga selalu berkumpul.
    sehingga hubungan keluarga menjadi selalu harmonis.

    Lucu dan gak logika juga kalo dipikir pikir,namun semua itu saya anggap sebagai suatu Doa dan pengharapan yang positif,dan tentu saja saya selalu melakukan hal yang sama setiap tahun..hehehe :P

    Disini saya melampirkan resep sederhana untuk membuat Onde :

    Bahan bahan :
    Tepung ketan 1 gelas
    Pewarna makanan (optional saja)
    Air hangat secukupnya
    Pandan atau jahe(sesuai selera)
    Gula merah atau gula batu(sesuai selera)

    Cara membuatnya :
    Tuangkan tepung beras ketan dalam mangkuk dan tambahkan air perlahan-lahan sampai campuran menjadi tekstur adonan.
    Uleni adonan selama sekitar 5 menit.
    bagi adonan menjadi bbrp bagian untuk diwarnai,tambahkan pewarna makanan pada masing masing bagian tersebut.
    gulung adonan menjadi bola-bola kecil.
    dan rebus onde dalam air mendidih dan apabila onde sudah mengapung berarti sudah matang dan angkat.

    Buatkan Kuah Gula batu atau gula merah(sesuai selera juga dengan campuran pandan atau jahe)
    masukkan Onde yang sudah direbus tadi ke kuah yang sudah dicampur gula dan siap di hidangkan.



    BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Gosip Artis


    Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Sejarah Festival Makan Onde (Dong Zi/ Tang Cue). Rating: 5 Reviewed By: BG
    Scroll to Top