• Latest News

    Sabtu, 30 Desember 2017

    Yuk Intip Sedikit Tentang Pembagian Kelas Sosial di Korea Utara


    BERITA GOOGLE - Ada satu sistem menarik yang masih diterapkan oleh pemerintah Korea Utara di zaman modern seperti sekarang. Sistem ini ialah pembagian kelas sosial - mungkin banyak orang menganggap hal seperti ini sudah punah di masa lalu. Pembagian kelas sosial ini dikenal sebagai Songbun disana.


    Penduduk di Korea Utara dibagi menjadi tiga kelas: Kelas Inti (Core), Kelas yang Goyah atau Menengah (Wavering), dan Kelas Rawan Konflik (Hostile). Kelas Inti diduduki oleh para revolusioner, keturunan pahlawan yang meninggal bekerja atau berperang demi negara, dan para petani atau mereka yang mempunyai keluarga tani.

    Kelas Menengah diisi oleh mereka yang pernah tinggal atau mempunyai saudara di Korea Selatan atau Tiongkok, para pedagang-pedangang kecil, kaum intelek, praktisi ilmu takhayul, dan lain sebagainya. Sedangkan Kelas Rawan Konflik dimasuki kaum kapitalis, mereka yang pernah membantu Korea Selatan saat Perang Korea (1950-1953), dan mereka yang dituduh anti-Partai atau menjalin hubungan dengan kekuatan asing.


    Pemerintah membagi warganya kedalam kelas saat mereka menginjak usia 17 tahun. Pihak-pihak berwenang mampu mengakses data-data warga yang mereka urus dengan menggunakan software yang terintegrasi dengan Kementrian Keamanan Publik.

    Sokeel J. Park (Analis dan Peneliti Kebijakan) dari libertyinnorthkorea.org (25/6/2012) memaparkan analisanya tentang pelbagai pengaruh Songbun pada hampir seluruh aspek kehidupan warganya dari mulai anak sampai dewasa, berikut detailnya:

    Pekerjaan: Penduduk Korea Utara cenderung dibatasi saat memilih pekerjaan. Pekerjaan yang mereka dapat tergantung dari songbun-nya. Mereka yang mempunyai songbun jelek cenderung diberikan pekerjaan manual yang berat, sedang para pemegang songbun bagus mempunyai kesempatan bekerja yang layak dan terjamin. Pembagian ini bertolak belakang dengan prinsip meritokrasi, dimana skill dan kemampuan menjadi faktor penting yang diukur dalam mencari pekerja.
    Edukasi: Jika seseorang di Korea Utara memiliki songbun jelek, seberapa keraspun ia belajar, akan sangat sulit maju dalam bidang pendidikan. Kontrasnya, mereka yang mempunyai songbun bagus akan memiliki pendidikan yang mapan, walaupun kemampuan belajar mereka sebenarnya tidak istimewa. Mereka yang mempunyai songbun bagus juga berpeluang pergi ke sekolah yang sama, universitas yang sama, sehingga mereka bisa menjalin jaringan para songbun bagus yang menguntungkan untuk masa depan mereka sendiri.


    Keluarga: Berdasarkan wawancara yang dilakukan Park, ia menenumkan bahwa para orang tua cenderung mengingatkan anakya ketika dewasa agar jangan berbuat sesuatu yang menentang Partai Pekerja Korea sebagai partai pemerintah karena itu mempunyai pengaruh pada seluruh anggota keluarga. Songbun juga berpengaruh besar pada proses pernikahan. Jika seseorang menikah dengan orang lain yang punya songbun rendah, anak mereka akan berpotensi turun kelas. Sehingga penduduk Korea Utara cenderung menikah dengan level songbun sama yang bisa diketahui dari pekerjaan dan status keluarga orang tua calon pasangan.
    Masih banyak lagi diskriminasi-diskriminasi yang diterima penduduk Korea Utara berdasarkan songbun seperti Pengasingan, Pangan, sampai Pelayanan Kesehatan.

    Para warga biasanya tidak tahu secara detail mengenai sonbung level apa mereka saat ini. Kecenderungan lain tercermin dari sulitnya menaikkan level songbun dan mudahnya level songbun tersebut jatuh jika seseorang melakukan aktivitas kriminal, pelanggaran politik, tidak kooperatif, atau anggota keluarganya terkena salah satu dari tiga tersebut.

    Kabar gembiranya, Sokeel J. Park menilai 15 tahun belakangan (1997-2012) implementasi sistem kelas ini mengalami perubahan, walaupun belum mendasar.



    BeritaGoogle.com - Situs Berita Hari Ini Indonesia, Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, Kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Indonesia dan Internasional, Olahraga Hingga Gosip Artis

    Bantuan Anda, Berita Heboh, Berita International, Berita Terkini, Berita Unik, Cerita Cinta, Cerita Lucu, Cerita Mengharukan, Entertainment, Film Cinta, Film Lucu, Film Mengharukan, Handphone, Kesehatan, Kuliner, Orang Hilang, Penipuan, Sejarah, Slider, Sports, Tionghoa, Video, Zodiak
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Yuk Intip Sedikit Tentang Pembagian Kelas Sosial di Korea Utara Rating: 5 Reviewed By: BG
    Scroll to Top